Tata Ibadah Pertunangan

Liturgi Tata Ibadah Kebaktian Pertunangan
liturgi tata ibadah pertunangan

PERSIAPAN

TAHBISAN DAN SALAM

MJ:

Hari ini kita turut merasakan sukacita yang besar atas terlaksananya lamaran kedua saudara dan saudari kekasih kita, Sdr. Eko Sandu Mulyo & Sdri. Rina Mariana Utami Dewi. Saat ini kita pun diundang oleh kedua belah pihak keluarga besar untuk mendasarkan sukacita atas lamaran yang terjadi di dalam sebuah kebaktian pertunangan.

Kebaktian pertunangan Sdr. Eko Sandu Mulyo & Sdri. Rina Mariana Utami Dewi boleh terjadi karena rahmat Allah yang besar di dalam Kristus dan penyertaan Roh Kudus selalu menolong kehidupan kita. Kasih karunia dan damai sejahtera yang melampaui akal menyertai kita sekalian.

Semua: Amin.

PUJIAN SYUKUR – PKJ 7 Bersyukurlah pada Tuhan

1. Bersyukurlah pada Tuhan, serukanlah namaNya! Bernyanyilah bagi Tuhan, mari bermazmurlah!

Reff: Pujilah Tuhan, hai jiwaku, pujilah namaNya. Aku hendak bernyanyi seumur hidupku.

Baca juga: Panduan Memilih Pujian dalam Ibadah

DOA SYUKUR DAN PERSIAPAN PELAYANAN FIRMAN

RENUNGAN PERTUNANGAN

Renungan
Saat Teduh

Baca juga: Contoh Renungan Pertunangan

PROSESI PERTUNANGAN

PF:

Saudara-saudara yang dikasihi Yesus Kristus, Allah telah menciptakan laki-laki dan perempuan. Dengan demikian Allah memberi kesempatan kepada laki-laki dan perempuan untuk hidup bersama. Kehidupan bersama dari laki-laki dan perempuan harus didasarkan atas kasih karunia. Hanya dengan cara yang demikian kehidupan bersama ini dapat bertahan dan menjadi berkat.

Sebagaimana Yesus Kristus mengasihi satu Gereja dan Gereja itu mengasihi satu Tuhan, demikianlah laki-laki dipanggil mengasihi satu perempuan dan perempuan mengasihi satu laki-laki.

Pertunangan merupakan persiapan perkawinan di mana dalam perkawinan laki-laki dan perempuan hidup bersama sebagai suami-isteri. Oleh karena itu pertunangan harus memperhatikan pertumbuhan dalam kasih karunia menjadi satu keluarga yang baru nanti.


PEMASANGAN CINCIN

PF:

Saudara-saudara yang kekasih dalam Yesus Kristus, cincin adalah lambang atau simbol suatu hubungan khusus antara seorang laki-laki dan seorang perempuan, yang patut dihormati semua orang.

Apabila sekarang ini Sdr. Eko Sandu Mulyo dan Sdri. Rina Mariana Utami Dewi akan bertukar cincin, maka terlebih dahulu kami hendak bertanya:

Apakah Sdr. Eko Sandu Mulyo dan Sdri. Rina Mariana Utami Dewi mau menciptakan hubungan khusus antara saudara-saudara berdasarkan kasih karunia, yang menuju kearah perkawinan di kemudian hari?

Sdr. Eko Sandu Mulyo dan Sdri. Rina Mariana Utami Dewi:

Ya, dengan segenap hatiku.

PF:

Kenakanlah cincin ini sebagai simbol atau lambang persekutuan saudara-saudara menuju perkawinan.

Baca juga: Tata Kebaktian Pernikahan

(sesudah itu cincin milik laki-laki diberikan kepada laki-laki dan cincin milik perempuan diberikan kepada perempuan)

Sdr. Eko Sandu Mulyo memberikan cincin kepada Sdri. Rina Mariana Utami Dewi sambil berkata:
Rina Mariana Utami Dewi, aku mengikat engkau sebagai tunanganku dan memberikan serta mengenakan cincin ini sebagai tanda cinta kasih saya kepadamu.

Sdri. Rina Mariana Utami Dewi memberikan cincin kepada Sdr. Eko Sandu Mulyo sambil berkata:
Eko Sandu Mulyo, aku mengikat engkau sebagai tunanganku dan memberikan serta mengenakan cincin ini sebagai tanda cinta kasih saya kepadamu.

PF:
(Sesudah cincin dipasang di jari tangan kiri masing-masing dan kedua tangan berjabat tangan, pemimpin ibadah memegang tangan mereka lalu berkata:)

Sebagai pelayan Yesus Kristus, saya meneguhkan ikatan kasih kedua saudara ini, dengan permohonan kepada Tuhan, Allah kita, bahwa Dia akan menjaga keluar masuk mereka dari sekarang sampai selama-lamanya. Amin.

DOA SYAFAAT PERTUNANGAN

PERSEMBAHAN
(Kepada yang bertunangan dan keluarga besar yang berbahagia diberikan kesempatan untuk memberi persembahan)

Baca juga: Kumpulan Ayat Persembahan

Pujian Persembahan – KJ 393 Tuhan Betapa Banyaknya
1. Tuhan, betapa baiknya berkat yang Kauberi, istimewa rahmatMu dan hidup abadi. Reff: T'rima kasih, ya Tuhanku atas keselamatanku! Padaku telah Kauberi hidup bahagia abadi.

Doa Persembahan

PUJIAN PENGUTUSAN - KJ 356 Tinggallah Dalam Yesus

1. Tinggallah dalam Yesus, jadilah muridNya, b'lajarlah Firman Tuhan, taat kepadanya. Tinggallah dalam Yesus, Andalkan kuasaNya. Dialah Pokok yang benar, kitalah rantingNya.

BERKAT

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>