1 Timotius 4:1-16 | Langka

Renungan Khotbah Tafsir 1 Timotius 4:1-16 Apa yang bisa kita lakukan dalam menjangkau kaum muda gereja?
1 Timotius 4:1-16

Langka — Apakah menemukan anak muda Kristen yang militan dalam pelayanan gereja hari ini sudah menjadi suatu kelangkaan? Di kebaktian Minggu kali ini, cobalah tengok kanan-kiri depan-belakang bapak dan ibu, hitunglah berapa kaum muda yang hadir di dalam kebaktian hari ini?

Atau sekali-sekali tengoklah ke dalam kebaktian kaum muda kita yang diadakan setiap dua minggu sekali (Sabtu kedua dan Sabtu keempat) setiap bulannya, berapa jumlah pemuda kita yang hadir dalam ibadah tersebut?

Bung Karno pernah berkata, "Berikanlah aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia". Aduh bung, menemukan 10 pemuda (bagi kami, di gereja) seringkali itu bukan perkara yang mudah lho.
1 Timotius 4:1-16
Tugas Timotius dalam menghadapi pengajar sesat
4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
4:3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,
4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.
4:6 Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini.
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.
4:9 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya.
4:10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.
4:11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu.
4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
4:13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.
4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.
4:15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.
4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.
Makanya kita patut heran dan sekaligus salut dengan apa yang dilakukan oleh Timotius dalam pembacaan Alkitab kita hari ini. Salah satu tafsir menyebutkan bahwa Timotius telah ambil bagian dalam pelayanan bersama rasul Paulus (1 Korintus 16:11) sejak usia Timotius 15 atau 16 atau 17 tahun (Expositor's Greek Testament).

Di saat orang muda seusianya di masa kini hanya disibukkan oleh kegiatan hariannya yang berupa sekolah, gaul, pacaran, atau bahkan sudah mulai bekerja, tokh dengan usia yang sama (teenager) Timotius tetap juga masih dapat melakukan sesuatu dalam pelayanan bagi Tuhan.

Jadi ada apa sebenarnya dengan kehidupan anak-anak muda Kristen yang marak terjadi di mana-mana di masa kini? Apa yang bisa kita lakukan dalam menjangkau kaum muda gereja?

Paling tidak dalam pembacaan Alkitab kita hari ini rasul Paulus menunjukkan salah satu caranya bagi kita sekalian untuk menjangkau kaum muda, yaitu: selalu menjadi teman seperjalanan yang menopang dan yang menjadi teladan dan juga memberikan arahan-arahan yang baik seturut firman Tuhan.

Menjadi dewasa memang adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Jauh lebih mudah melompatinya dan beralih dari masa kanak-kanak ke masa kanak-kanak yang lain. (F. Scott Fitzgerald)

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>