Yohanes 17:20-26 | Gereja yang di Maksud Yesus, yang Mana?

Yohanes 17:20-26

Gereja yang di Maksud Yesus, yang Mana? — Data ini saya temukan kali pertama saat seorang rekan MJ men-share-kannya di grup WA, isinya tentang “Tujuh Tipe Gereja”.

PERTAMA, TIPE GEREJA KERAJAAN: Pendetanya ingin diperlakukan seperti raja, titahnya adalah suci dan jika tidak dilakukan maka 'neraka dunia' menanti.

KEDUA, TIPE GEREJA PERUSAHAAN: Paradigma untung rugi bermain di sini, cabang yang tidak menguntungkan secara finansial akan dipotong walau di sana banyak jiwa yang membutuhkan. Pendeta bak direktur dengan otoritas mutlak.

KETIGA, TIPE GEREJA MINIMARKET: Mirip dengan yang kedua tadi, tidak menguntungkan maka tutup. Buka cabang di mana-mana, tak peduli berdekatan dengan minimarket lainnya bahkan kalau bisa mencuri market research minimarket lainnya.

KEEMPAT, TIPE GEREJA KIOS: Tipe ini buka cabang di mall-mall besar. Tak masalah semua yang hadir hanya partisipan dan bukan jemaat, yang penting eksis.

KELIMA, TIPE GEREJA HIBURAN: Menganggap jemaat sebagai penonton yang harus dihibur melalui panggung Gereja. Jemaat hadir karena butuh tontonan dan mereka merasa keren jadi anggota jemaat Gereja tersebut.

KEENAM, TIPE GEREJA GAIB: Di sini minyak urapan adalah bukti dari iman dan alam roh adalah tempat bermain. Pendeta adalah semacam tetua adat yang sakti dan diagungkan karena dianggap hanya dia yang punya akses kepada Tuhan.

KETUJUH, TIPE GEREJA MULA-MULA: Gereja komunitas. Di sini setiap orang saling memerhatikan. Tuhan adalah pusat ibadah yang ditinggikan. Pendeta adalah gembala yang bertugas melayani dan mengayomi jemaat.

Kita semua tahu bahwa yang dimaksud dengan kata gereja adalah persekutuan orang percaya-nya, bukan gedungnya. Namun membaca keterangan di atas pasti membuat kita mikir sama-sama: Gereja macam apa yang sedang kita bangun bersama saat ini? Atau dengan kata lain, persekutuan orang percaya macam apa yang Yesus maksudkan dalam pembacaan Alkitab kita hari ini? (GA)

Membaca tulisan dari christisghaza.net tentang 6 tipe gereja palsu
(ah judulnya tendensius sekali, semoga kita memahami maksud baik dibalik tulisan itu).


Orang akan bekerja 8 jam sehari demi gaji, 10 jam karena bos yang baik, dan 24 jam karena cinta pekerjaannya. - John C. Maxwell

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>