Galatia 6:1-10 | Saling Berbuat Baik

Renungan Khotbah Tafsir Galatia 6:1-10 — Karena setiap kita punya kesempatan untuk bergumul dengan hal-hal yang sama.
Galatia 6:1-10

Saling Berbuat Baik — Ada satu cerita fabel tentang tikus dan kancil. Suatu hari sang Kancil mendengar tangisan yang berasal dari sebuah lubang. Ternyata setelah dilihat, ada seekor tikus yang terperangkap jatuh di lubang.

"Ngapain lu di bawah?" tanya Kancil ngeledek. "Tolongin saya napa 'Cil, saya jatuh nih gak bisa keluar dari lubang ini," teriak Tikus. "hahahaha ... makanya kalau jalan tuh, liat liat napa, ati ati kalau jalan" Kancil makin meledek. "Iya iya, aku salah ... kamu mau nolongin aku gak?" Tikus memelas.

"Nolong kamu? Buat apa?" kata Kancil. "Ya, mungkin saja suatu hari nanti gantian, saya bisa nolongin kamu, 'Cil" Tikus menjelaskan. "Ah, badan kau saja kecil begitu, mau belagu nolong aku segala.

Tapi udahlah, sini kutolong kamu keluar dari lubang ini ... kau naik ya ke punggungku ..." kemudian Kancil turun ke lubang, dan melompat keluar dari lubang itu bersama Tikus. "Wah, makasih ya 'Cil, suatu hari nanti moga-moga aku bisa membalas kebaikanmu ini" Tikus berteriak kegirangan. "Ah sudahlah, lupakan saja" kata Kancil dingin.

Beberapa minggu kemudian ....

Tikus mendengar ada suara tangisan, eh ternyata si Kancil yang menangis.

"Kenape lu 'Cil?" tanya Tikus sambil senyam-senyum. "Iya nih, aku kena kejerat sama tali perangkapnya pak Tani, jadi gak bisa kemana-mana nih aku ..." Kancil sedih. Tikus pun makin tersenyum, "Tuh kan, sekarang saya bisa menolong kamu 'Cil".

"Nolong bagaimana kamu, badan kecil aja mau nolong-nolong" kata Kancil. Jawab Tikus: "Hehehe, kamu lupa ya 'Cil, saya kan binatang pengerat. Sini ku gigitin tali yang menjerat kaki mu itu, biar putus talinya dan kau pun bisa lepas bebas lagi 'Cil".

Bukankah gambaran dari cerita fabel itu adalah sebuah gambaran yang nyata dalam kehidupan keseharian kita?

Kita hidup bersama-sama dengan yang lain dan kita berjuang untuk melawan sikap-sikap merendahkan yang lain (merasa diri paling kuat, paling hebat, paling benar) - seperti si Kancil yang merasa bahwa Tikus gak akan mampu berbuat apa-apa menolongnya, ternyata bisa nolong juga kan si Tikus itu.

Dalam pembacaan Alkitab kita hari ini, Galatia 6:1-10, hal itu pula yang mau diingatkan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Galatia.
Galatia 6:1-10
Saling membantulah kamu
6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.
6:3 Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri.
6:4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain. 6:5 Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.
6:6 Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.
6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.
6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.
6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
6:10 Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.
Kita tahu bahwa salah satu pergumulan khas dari jemaat kristen mula-mula adalah gontok-gontokannya anggota jemaat yang berasal dari Yahudi dengan mereka yang berasal dari Yunani, padahal sama-sama pengikut Kristus tuh mereka itu: saling mengejek, menjatuhkan, saling gak peduli dengan sesama dan yang lain, yang akhirnya membuat mereka hidup dalam ancaman perpecahan dalam 'tubuh jemaat' itu sendiri.

Bayangkan saja, bila satu jemaat - siapapun itu - mengalami pergumulan yang seperti ini. Nyamankah kita bersekutu dan beribadah? Ah .. pastinya tidak. Mari kita lihat bagaimana firman Tuhan melalui Rasul Paulus hari ini bisa menolong kita atau siapapun mereka agar tidak terjebak dalam situasi yang sama:

Prinsip Jari Menunjuk

Roma 6:1-2
1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan. 2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Menarik ya, ada seorang yang kedapatan melakukan pelanggaran, lalu ada seorang yang disebut, "kamu yang rohani" ... Kemudian diingatkan bahwa "memimpin dalam roh lemah lembut" dan "jaga dirimu sendiri". Yang diakhiri dengan kalimat "bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu.

Setiap kita nyatanya punya beban.
Setiap kita punya kesempatan untuk bergumul dengan hal-hal yang sama. Jatuh bangunnya seseorang adalah gambaran hidup yang nyata yang bisa dialami oleh semua orang.

Jadi bijaklah dalam menggunakan jari.

Sebab ketika satu jari menunjuk ke orang lain, ada 3 jari kita yang menunjuk pada diri kita sendiri. Tiga jari kita inilah yang seharusnya senantiasa mengingatkan kita bahwa: itulah Roh Lemah Lembut yang jangan sampai terlupakan oleh kita.

Prinsip Kaca

Roma 6:3-4
3 Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri. 4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain.

Katanya, orang Indonesia itu kalau jadi komentator memang yang paling hebat sedunia.

Liat aja kalau ada orang lagi pada kumpul nonton bareng sepak bola di tv, wah itu bisa jelek-jelekin abis pemain bola yang lagi main itu (padahal yang dijelek2in itu Ronaldo! bayangin coba, hehehe) ... "gitu aja gak gol! dasar!" ... Padahal mah yang komen itu sendiri gak bisa main bola.

Nah yang itu dia lupa bawa kaca - seperti yang dikatakan dalam ayat 3: "dia menyangka dia bisa lebih baik, padahal tidak sama sekali."

Atau keadaannya seperti ayat 4. Dia bawa kaca, tapi salah ngacanya. "Ya saya masih lebih baik lah di banding koruptor-koruptor negara yang sampai ber-M-M itu ... Saya kan cuma korupsi kecil-kecilan, cuma ratusan ribu ajah".

Bukankah lebih baik untuk kita berkaca pada diri kita sendiri dan berjuang untuk terus menerus memperbaharui diri menjadi orang yang lebih baik? Dibandingkan mengomentari kehidupan orang lain.

Prinsip Tabur - Tuai

Roma 6:8-9
8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu. 9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Apa yang kita tabur, itulah juga yang akan kita tuai.

Saya suka mendengar cerita tentang seseorang yang tiba tiba suatu hari didatangi oleh temannya yang marah-marah luar biasa.

Lalu orang itu bertanya di dalam hatinya: "Tuhan, apakah temanku yang lagi marah-marah didepanku sekarang ini sedang menabur, atau aku kah yang sedang menuai?" Bila aku sedang menuai hari ini, ampunilah aku.

Tapi bila hari ini temanku yang sedang menabur, berikanlah padaku kesabaran.

Prinsip Langkah Kecil

Roma 6:10
Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Perubahan hanya akan terjadi ketika kita mau memulai sebah langkah kecil. Mulailah dari yang terkecil, yang terdekat, yang ada di depan mata kita.

Kita mau belajar hidup saling mengasihi?

Mulailah dari yang terdekat: kasihi keluarga kita, kasihi tetangga kita ... Mulailah dari yang kecil, dari yang terdekat.

Sebab kalau yang kecil saja sudah sulit, kalau yang dekat saja sudah gak bisa, gak usah ngimpi bisa membuat perubahan dalam kehidupan kita.

Kerjakanlah semua kebaikan sebisa Anda, dengan segala cara yang Anda bisa, di semua tempat yang Anda bisa, setiap saat yang Anda bisa, kepada semua orang sebisa Anda, selama mungkin sebisa Anda. (John Wesley)

You may like these posts

1 comment

  1. Anonymous
    Maaf bukankah seharusnya Galatia 6:1-10, bukan kitab RomaπŸ™
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>