Matius 4:23 - 5:2 | Berbahagialah! - Pdt. Gerry Atje

    Social Items

Berbahagialah!
Matius 4:23 - 5:2


Games: Cermin
Cara bermain:
teman-teman diminta untuk berpasang-pasangan
kemudian satu orang melakukan satu gerakan
dan yang lainnya berlaku layaknya sebuah cermin yang meniru gerakan tersebut.
Kita cuba ya ... (cari yang agak heboh atuh gayanya ya)

Gmana? lumayan serukan ya gamesnya .. seneng gak sih bisa ketawa, senyum-senyum ... bahagia banget rasanya ... lumayanlah ...

Teman-teman, tema kita hari ini berbahagialah! sekarang begini aja deh .. pikirkan 1 hal yang paling membuat kamu berbahagia hari ini dan 1 hal yang paling membuat kamu gak bahagia hari ini ...

Bahagia?
  • punya pacar baru?
  • baju baru?
  • juara 1?
  • punya duit?
  • -- semua yang positif --
Tidak Bahagia?
  • baru putus?
  • nilai jelek?
  • gak pulang kampung?
  • -- semua yang negatif --
Perhatiin deh ... gmana biasanya kita atau orang-orang akan selalu menghubungkan semua yang buruk, semua yang negatif itu identik atau sama dengan 'rasa tidak bahagia' ... Padahal ... iman kita gak bilang kayak gitu!

Mari kita lihat Alkitab kita ... Matius 4:23 - 5:2

Karena kita dah sering pasti mendengar ucapan bahagia ini .. saya langsung ajak share ajalah ya
"Kenapa sih Yesus bilang ke orang-orang yang seperti digambarkan dalam ayat 24 itu di pasal 4: "semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh,"... untuk tetap berbahagia??? Berbahagialah mereka yang miskin!????

Lah miskin kok bahagia!! Miskin tuh harusnya mikir: gmana bisa nebus obat? gmana bisa bayar sekolah? gmana bisa jadi kaya?? ... Jadi kenapa kok Yesus bilang berbahagialah mereka yang miskin (di hadapan Allah) ... Karena merekalah yang empunya kerajaan sorga????

Dan satu lagi ... ucapan berbahagia Yesus ini bukan cuma satu kan ya .. ada 10 ucapan berbahagia yang diucapkan oleh Yesus dan semuanya 'aneh'! Orang mah seharusnya dalam situasi yang kayak gitu harusnya merana ... ini kok malah dibilang berbahagialah!??

Ada dua hal yang mau kita renungkan untuk menjawab permasalahan itu ...

Yang pertama,
Kenapa Yesus mengucapkan ucapan bahagia yang 'aneh' seperti itu? Karena rasa bahagia adalah modal utama kita untuk membangun kehidupan!!!
  • Aku bahagia lo di sini, di persekutuan pemuda remaja GKP Kramat!!
  • Aku bahagia loh jadi anak IPS atau anak IPA!!
  • Aku bahagia lo meskipun sekarang masih juga jomblo! Jojoba!
Rasa bahagia di dalam hati adalah modal utama kita untuk melanjutkan perjalanan hidup kita ini dengan langkah yang lebih ringan ... ah .. da perjalanan kita ini udah berat dengan segala macam persoalan yang ada ... janganlah ditambahin lagi dengan perasaan tidak bahagianya itu .. makin berat atuh hidup kita ini!!!

Dan lihat apa yang terjadi apabila seseorang sudah memulai segala sesuatunya dengan rasa bahagia?!!! Sesuatu yang luar biasa bisa terjadi dan semuanya di mulai dengan kehadiran rasa bahagia! Berbahagialah!

Yang kedua,
Ternyata bahagia itu tidaklah identik dengan keadaan yang baik ... Sebab yang namanya bahagia itu adalah sebuah pilihan! Kita memilih untuk bahagia atau kita memilih untuk sebaliknya!

misalnya nih ya ... ini kita udah jungkir balik setengah mati ngejar cewe yang kita suka ... da semuanya dah dilakuin sama kita (atau kasih sinyal ke cowok yang kamu suka mba) ... Eh .. kok ya malah gak luluh juga tuh cewe itu ... kirim bunga = mental! kirim coklat = dibuang! kirim surat = dicuekin!!

Nah lo ... kalau dah begitu ... lu bisa bahagia gak???

Kita bisa gak bahagia dengan kondisi seperti itu ketika kita memilih untuk cemberut, AKAN TETAPI kita pun bisa juga tetap bahagia ketika kita memilih untuk tersenyum dan percaya bahwa ... ah Tuhan pasti lah siapin yang terbaik buat aku!

Akan selalu ada yang bisa membuat kita bahagia dibalik situasi yang mungkin hari ini membuat kita sedih ...
"Oh ... ternyata dia gak seberuntung itu dapetin aku ya!!"
"duh .. syukur banget kemarin itu gak jadi ma tu orang ... ternyata ... !!!"

Untuk nutup renungan kita hari ini mari kita buka
Filipi 4:8
"... semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu."

dan itu terjadi loh beneran .. ada ngaruhnya dalam kehidupan kita .. contoh kecilnya nih ya ... di rapat MJ hari jumat ... biasanya tuh kita dah pada kepanasan semua kalau rapat karena memang baru pulang dari kantor dan cape kan semua anggota majelisnya ... duduk ... ngipas-ngipas ... dan pernah ada kejadian saya nih yang gerah banget rasanya hari jumat itu karena memang panas banget ... tapi gak tau kenapa kok makin di kipasin kok malah makin gerah perasaannya teh badan ini bukannya makin adem ...

Tiba-tiba ada satu anggota majelis yang bilang gini:
"Bung ... emang kalau kita lagi kepanasan terus ngipas-ngipas sambil bilang duh gerah banget ya ... itu biasanya kita malah jadi tambah panas! Udah coba deh duduk santai .. pikirkan kalau sekarang ini kita lagi adem banget suasananya ... ada angin sepoi-sepoi yang bisa kita nikmati ... biasanya itu malah yang bisa membuat kita gak panas lagi ..."

Dan emang bener lho ... ternyata resep anggota majelis itu manjur banget ...

Matius 4:23 - 5:2 | Berbahagialah!

Berbahagialah!
Matius 4:23 - 5:2


Games: Cermin
Cara bermain:
teman-teman diminta untuk berpasang-pasangan
kemudian satu orang melakukan satu gerakan
dan yang lainnya berlaku layaknya sebuah cermin yang meniru gerakan tersebut.
Kita cuba ya ... (cari yang agak heboh atuh gayanya ya)

Gmana? lumayan serukan ya gamesnya .. seneng gak sih bisa ketawa, senyum-senyum ... bahagia banget rasanya ... lumayanlah ...

Teman-teman, tema kita hari ini berbahagialah! sekarang begini aja deh .. pikirkan 1 hal yang paling membuat kamu berbahagia hari ini dan 1 hal yang paling membuat kamu gak bahagia hari ini ...

Bahagia?
  • punya pacar baru?
  • baju baru?
  • juara 1?
  • punya duit?
  • -- semua yang positif --
Tidak Bahagia?
  • baru putus?
  • nilai jelek?
  • gak pulang kampung?
  • -- semua yang negatif --
Perhatiin deh ... gmana biasanya kita atau orang-orang akan selalu menghubungkan semua yang buruk, semua yang negatif itu identik atau sama dengan 'rasa tidak bahagia' ... Padahal ... iman kita gak bilang kayak gitu!

Mari kita lihat Alkitab kita ... Matius 4:23 - 5:2

Karena kita dah sering pasti mendengar ucapan bahagia ini .. saya langsung ajak share ajalah ya
"Kenapa sih Yesus bilang ke orang-orang yang seperti digambarkan dalam ayat 24 itu di pasal 4: "semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh,"... untuk tetap berbahagia??? Berbahagialah mereka yang miskin!????

Lah miskin kok bahagia!! Miskin tuh harusnya mikir: gmana bisa nebus obat? gmana bisa bayar sekolah? gmana bisa jadi kaya?? ... Jadi kenapa kok Yesus bilang berbahagialah mereka yang miskin (di hadapan Allah) ... Karena merekalah yang empunya kerajaan sorga????

Dan satu lagi ... ucapan berbahagia Yesus ini bukan cuma satu kan ya .. ada 10 ucapan berbahagia yang diucapkan oleh Yesus dan semuanya 'aneh'! Orang mah seharusnya dalam situasi yang kayak gitu harusnya merana ... ini kok malah dibilang berbahagialah!??

Ada dua hal yang mau kita renungkan untuk menjawab permasalahan itu ...

Yang pertama,
Kenapa Yesus mengucapkan ucapan bahagia yang 'aneh' seperti itu? Karena rasa bahagia adalah modal utama kita untuk membangun kehidupan!!!
  • Aku bahagia lo di sini, di persekutuan pemuda remaja GKP Kramat!!
  • Aku bahagia loh jadi anak IPS atau anak IPA!!
  • Aku bahagia lo meskipun sekarang masih juga jomblo! Jojoba!
Rasa bahagia di dalam hati adalah modal utama kita untuk melanjutkan perjalanan hidup kita ini dengan langkah yang lebih ringan ... ah .. da perjalanan kita ini udah berat dengan segala macam persoalan yang ada ... janganlah ditambahin lagi dengan perasaan tidak bahagianya itu .. makin berat atuh hidup kita ini!!!

Dan lihat apa yang terjadi apabila seseorang sudah memulai segala sesuatunya dengan rasa bahagia?!!! Sesuatu yang luar biasa bisa terjadi dan semuanya di mulai dengan kehadiran rasa bahagia! Berbahagialah!

Yang kedua,
Ternyata bahagia itu tidaklah identik dengan keadaan yang baik ... Sebab yang namanya bahagia itu adalah sebuah pilihan! Kita memilih untuk bahagia atau kita memilih untuk sebaliknya!

misalnya nih ya ... ini kita udah jungkir balik setengah mati ngejar cewe yang kita suka ... da semuanya dah dilakuin sama kita (atau kasih sinyal ke cowok yang kamu suka mba) ... Eh .. kok ya malah gak luluh juga tuh cewe itu ... kirim bunga = mental! kirim coklat = dibuang! kirim surat = dicuekin!!

Nah lo ... kalau dah begitu ... lu bisa bahagia gak???

Kita bisa gak bahagia dengan kondisi seperti itu ketika kita memilih untuk cemberut, AKAN TETAPI kita pun bisa juga tetap bahagia ketika kita memilih untuk tersenyum dan percaya bahwa ... ah Tuhan pasti lah siapin yang terbaik buat aku!

Akan selalu ada yang bisa membuat kita bahagia dibalik situasi yang mungkin hari ini membuat kita sedih ...
"Oh ... ternyata dia gak seberuntung itu dapetin aku ya!!"
"duh .. syukur banget kemarin itu gak jadi ma tu orang ... ternyata ... !!!"

Untuk nutup renungan kita hari ini mari kita buka
Filipi 4:8
"... semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu."

dan itu terjadi loh beneran .. ada ngaruhnya dalam kehidupan kita .. contoh kecilnya nih ya ... di rapat MJ hari jumat ... biasanya tuh kita dah pada kepanasan semua kalau rapat karena memang baru pulang dari kantor dan cape kan semua anggota majelisnya ... duduk ... ngipas-ngipas ... dan pernah ada kejadian saya nih yang gerah banget rasanya hari jumat itu karena memang panas banget ... tapi gak tau kenapa kok makin di kipasin kok malah makin gerah perasaannya teh badan ini bukannya makin adem ...

Tiba-tiba ada satu anggota majelis yang bilang gini:
"Bung ... emang kalau kita lagi kepanasan terus ngipas-ngipas sambil bilang duh gerah banget ya ... itu biasanya kita malah jadi tambah panas! Udah coba deh duduk santai .. pikirkan kalau sekarang ini kita lagi adem banget suasananya ... ada angin sepoi-sepoi yang bisa kita nikmati ... biasanya itu malah yang bisa membuat kita gak panas lagi ..."

Dan emang bener lho ... ternyata resep anggota majelis itu manjur banget ...

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER