Yesaya 55:6-13 | Menemukan Rancangan Damai Sejahtera-Nya - Pdt. Gerry Atje

    Social Items

Menemukan Rancangan Damai Sejahtera-Nya
Yesaya 55: 6-13


Pada suatu hari ada seorang anak yang bermain ditepian danau bersama perahu mainannya. Saking asiknya ia bermain, ia kemudian sadar bahwa perahu mainannya itu bergerak menuju tengah danau … bagaimana ini? berenang dia tidak bisa! Akhirnya menangis lah dia sambil sambil teriak minta tolong ..

Nah, ada seorang bapak yang lewat dan kemudian tanya: “kenapa dek? Oh … perahu itu ya … bentar ya … “ lalu apa yang dilakukan Bapak tadi? DIA AMBIL BEBATUAN dan mulai melempar ke arah perahu anak kecil tadi. Sontaklah anak kecil tadi MARAH … tapi tak lama kemudian anak kecil ini malah mengucapkan terima kasih kepada Bapak yang lemparin batu ke arah perahu yang ada di tengah danau itu. …

Kenapa anak kecil tadi marah? Karena dia tidak mengerti maksud si Bapak tadi melakukan hal itu!! Yang anak kecil tadi pikir dan tau cuma “waduh batu … dilempar … ke arah kapalku … bisa ancur tuh kapal!!” …

Saya kira hal itu pula yang terjadi dalam hidup kita : sewaktu kita bergumul, punya persoalan, ada rintangan-rintangan … betapa sulitnya kita memahami apalagi MENEMUKAN RANCANGAN DAN SEJARAH ALLAH dalam situasi kita itu.

Di mana Tuhan rancangan damai sejahtera-Mu kalo sampe sekarang aku masih NGANGGUR!!! (ada 4 juta pengangguran terdidik katanya) ... NGE- JOMBLO!! KELUARGAKU juga masih gini-gini ajah Tuhan (ribut, kasar) ...

Dan efek nya adalah ketika kita membaca Firman Tuhan tentang janji-janji manisnya Tuhan … kita menjadi berat untuk meng-AMIN-kan Janji Tuhan itu!!
Berkat! Pemulihan! Pembaruan! Reformasi Total!! M…A…N…A … ???

Dan tepat seperti itulah perasaan-perasaan yang sangat mungkin dialami oleh bangsa Israel dalam pembacaan Alkitab kita hari ini !!

Ayat 12-13:

"Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan. Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap."

Berangkat? Mana? orang masih dibuang kok!! Sukacita? Apa ... orang dijajah! Damai? Gimana? ditindas kok damai! Gak ada itu pohon SANOBAR – Pohon MURAD yang kami liat dan rasakan sekarang cuma SEMAK DURI dan KECUBUNG!!

70 tahun lamanya Israel di buang ke negeri asing dan disana mereka betul-betul bergumul dengan kalimat “KEMASYURAN TUHAN“.

Dan sekarang ketika Tuhan mau menyatakan berkat kemerdekaan bagi mereka ..
hhmm terlalu lama menunggu, terlalu lama menanti, terlalu bosan mendengar janji yang tak kunjung datang ….

Apakah hari ini kita pun memiliki perasaan-perasaan yang serupa dengan Israel kala itu? Dan inilah jawaban peneguhan Tuhan bagi kita!! Ada hal yang mau kita renungkan bersama …

(1) Ketika Tuhan mengizinkan satu pergumulan datang, ... PASTI … ada sesuatu yang Tuhan ingin kita pelajari dibalik pergumulan itu!!
Bagi Israel hal itu berarti ALLAH yang mau mendidik Israel agar Israel berbalik dari jalan yang salah kemarin-kemarin itu !!! Kita tahulah bobroknya Israel zaman sebelum ini (…)

Itu Israel … nah, bagi kita sekarang tantangannya adalah sewaktu bergumul mari berjuang untuk menemukan apa yang Tuhan ingin kita untuk pelajari !!

ALLAH yang sedang mendidik … mengajar … ALLAH yang sedang mempersiapkan berkat di balik pergumulan yang kita alami sekarang!!

Kuncinya satu - ayat 6:
"Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!"

"CARI TUHAN –Ngobrol sama Tuhan bukan sama yang lain … !!"

Sayangnya banyak orang di luar sana banyak yang lebih percaya sama omongan orang lain daripada omongan Tuhan.

Ada iklan yang lucu banget yang ada 'orang pinter' bilang ”Kamu gak cocok kerja di air …” - Masa depan kita tidak ditentukan oleh apa yang dikatakan oleh orang lain tentang hidup kita! Bukan!

(2) Ayat 8-9

"Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu."

Sewaktu kita bergumul, satu hal yang kita tau, lihat dan rasakan mungkin cuma TERPAAN OMBAK KERASNYA AJA, RUWET-RUWET-nya hidup kita aja … Dan akhirnya banyak orang bingung karena kurang memikirkan kemungkinan-kemungkinan maksud Tuhan di balik pergumulan- keruwetan itu …

Kuncinya:
Karena sudut pandang kita terbatas
mari kita berjuang untuk temukan cara pandang ALLAH

VISUAL : ….. SULAMAN …
(lihat dari bawah: wedew .. ancurnya bukan main, kusut!
tapi coba lihat dari atas: keren kan ...)

(3) Menjalani hidup bersama Tuhan itu berarti GAK AKAN PERNAH kita akan BERTEMU dengan SIA-SIA!!
Semuanya bisa digunakan ALLAH demi kebaikan kita dimasa depan.
Ayat 10-11:

"Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya."

Orang-orang yang tinggal dilereng gunung berapi ... waktu meletus tuh gunung, sengsara nya setengah mati ... tapi setelah keadaan menjadi tenang ... suburnya bukan main tuh daerah di sana ...

Lihat Paulus – pengalaman masa lalunya jalan hidupnya dulu!! Sia-sia ? Tidak !! Justru dari peristiwa itulah mereka dapat menyaksikan kebaikan-kebaikan Tuhan ketika Dia mengizinkan peristiwa 'itu' terjai dalam sejarah hidup mereka …

Mari kita lihat Pasal 56

inilah Firman Tuhan yang akan di GENAPI oleh Tuhan bagi Israel … sebentar lagi –sedikit lagi mereka akan melihat berkat keselamatan itu …

Kita betul-betul tau seberapa dekat kita dengan JAWABAN-JAWABAN Tuhan atas tiap-tiap doa tentang pergumulan-pergumulan kita !!

Yang kita tau dan imani adalah bahwa RANCANGAN TUHAN itu ada dan karena itu kita bisa tetap merasakan DAMAI SEJAHTERA ... dan itulah alasan utama kita supaya kita bisa tetap melanjutkan hidup dan berjuang sampai kita bisa MENEMUKAN BERKAT yang memang Tuhan SUDAH sediakan bagi kita.

Yesaya 55:6-13 | Menemukan Rancangan Damai Sejahtera-Nya

Menemukan Rancangan Damai Sejahtera-Nya
Yesaya 55: 6-13


Pada suatu hari ada seorang anak yang bermain ditepian danau bersama perahu mainannya. Saking asiknya ia bermain, ia kemudian sadar bahwa perahu mainannya itu bergerak menuju tengah danau … bagaimana ini? berenang dia tidak bisa! Akhirnya menangis lah dia sambil sambil teriak minta tolong ..

Nah, ada seorang bapak yang lewat dan kemudian tanya: “kenapa dek? Oh … perahu itu ya … bentar ya … “ lalu apa yang dilakukan Bapak tadi? DIA AMBIL BEBATUAN dan mulai melempar ke arah perahu anak kecil tadi. Sontaklah anak kecil tadi MARAH … tapi tak lama kemudian anak kecil ini malah mengucapkan terima kasih kepada Bapak yang lemparin batu ke arah perahu yang ada di tengah danau itu. …

Kenapa anak kecil tadi marah? Karena dia tidak mengerti maksud si Bapak tadi melakukan hal itu!! Yang anak kecil tadi pikir dan tau cuma “waduh batu … dilempar … ke arah kapalku … bisa ancur tuh kapal!!” …

Saya kira hal itu pula yang terjadi dalam hidup kita : sewaktu kita bergumul, punya persoalan, ada rintangan-rintangan … betapa sulitnya kita memahami apalagi MENEMUKAN RANCANGAN DAN SEJARAH ALLAH dalam situasi kita itu.

Di mana Tuhan rancangan damai sejahtera-Mu kalo sampe sekarang aku masih NGANGGUR!!! (ada 4 juta pengangguran terdidik katanya) ... NGE- JOMBLO!! KELUARGAKU juga masih gini-gini ajah Tuhan (ribut, kasar) ...

Dan efek nya adalah ketika kita membaca Firman Tuhan tentang janji-janji manisnya Tuhan … kita menjadi berat untuk meng-AMIN-kan Janji Tuhan itu!!
Berkat! Pemulihan! Pembaruan! Reformasi Total!! M…A…N…A … ???

Dan tepat seperti itulah perasaan-perasaan yang sangat mungkin dialami oleh bangsa Israel dalam pembacaan Alkitab kita hari ini !!

Ayat 12-13:

"Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan. Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap."

Berangkat? Mana? orang masih dibuang kok!! Sukacita? Apa ... orang dijajah! Damai? Gimana? ditindas kok damai! Gak ada itu pohon SANOBAR – Pohon MURAD yang kami liat dan rasakan sekarang cuma SEMAK DURI dan KECUBUNG!!

70 tahun lamanya Israel di buang ke negeri asing dan disana mereka betul-betul bergumul dengan kalimat “KEMASYURAN TUHAN“.

Dan sekarang ketika Tuhan mau menyatakan berkat kemerdekaan bagi mereka ..
hhmm terlalu lama menunggu, terlalu lama menanti, terlalu bosan mendengar janji yang tak kunjung datang ….

Apakah hari ini kita pun memiliki perasaan-perasaan yang serupa dengan Israel kala itu? Dan inilah jawaban peneguhan Tuhan bagi kita!! Ada hal yang mau kita renungkan bersama …

(1) Ketika Tuhan mengizinkan satu pergumulan datang, ... PASTI … ada sesuatu yang Tuhan ingin kita pelajari dibalik pergumulan itu!!
Bagi Israel hal itu berarti ALLAH yang mau mendidik Israel agar Israel berbalik dari jalan yang salah kemarin-kemarin itu !!! Kita tahulah bobroknya Israel zaman sebelum ini (…)

Itu Israel … nah, bagi kita sekarang tantangannya adalah sewaktu bergumul mari berjuang untuk menemukan apa yang Tuhan ingin kita untuk pelajari !!

ALLAH yang sedang mendidik … mengajar … ALLAH yang sedang mempersiapkan berkat di balik pergumulan yang kita alami sekarang!!

Kuncinya satu - ayat 6:
"Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!"

"CARI TUHAN –Ngobrol sama Tuhan bukan sama yang lain … !!"

Sayangnya banyak orang di luar sana banyak yang lebih percaya sama omongan orang lain daripada omongan Tuhan.

Ada iklan yang lucu banget yang ada 'orang pinter' bilang ”Kamu gak cocok kerja di air …” - Masa depan kita tidak ditentukan oleh apa yang dikatakan oleh orang lain tentang hidup kita! Bukan!

(2) Ayat 8-9

"Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu."

Sewaktu kita bergumul, satu hal yang kita tau, lihat dan rasakan mungkin cuma TERPAAN OMBAK KERASNYA AJA, RUWET-RUWET-nya hidup kita aja … Dan akhirnya banyak orang bingung karena kurang memikirkan kemungkinan-kemungkinan maksud Tuhan di balik pergumulan- keruwetan itu …

Kuncinya:
Karena sudut pandang kita terbatas
mari kita berjuang untuk temukan cara pandang ALLAH

VISUAL : ….. SULAMAN …
(lihat dari bawah: wedew .. ancurnya bukan main, kusut!
tapi coba lihat dari atas: keren kan ...)

(3) Menjalani hidup bersama Tuhan itu berarti GAK AKAN PERNAH kita akan BERTEMU dengan SIA-SIA!!
Semuanya bisa digunakan ALLAH demi kebaikan kita dimasa depan.
Ayat 10-11:

"Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya."

Orang-orang yang tinggal dilereng gunung berapi ... waktu meletus tuh gunung, sengsara nya setengah mati ... tapi setelah keadaan menjadi tenang ... suburnya bukan main tuh daerah di sana ...

Lihat Paulus – pengalaman masa lalunya jalan hidupnya dulu!! Sia-sia ? Tidak !! Justru dari peristiwa itulah mereka dapat menyaksikan kebaikan-kebaikan Tuhan ketika Dia mengizinkan peristiwa 'itu' terjai dalam sejarah hidup mereka …

Mari kita lihat Pasal 56

inilah Firman Tuhan yang akan di GENAPI oleh Tuhan bagi Israel … sebentar lagi –sedikit lagi mereka akan melihat berkat keselamatan itu …

Kita betul-betul tau seberapa dekat kita dengan JAWABAN-JAWABAN Tuhan atas tiap-tiap doa tentang pergumulan-pergumulan kita !!

Yang kita tau dan imani adalah bahwa RANCANGAN TUHAN itu ada dan karena itu kita bisa tetap merasakan DAMAI SEJAHTERA ... dan itulah alasan utama kita supaya kita bisa tetap melanjutkan hidup dan berjuang sampai kita bisa MENEMUKAN BERKAT yang memang Tuhan SUDAH sediakan bagi kita.

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER