Bilangan 11:1-23 | Tidak lagi Bersungut-sungut - Pdt. Gerry Atje
Tidak Lagi Bersungut-Sungut
Bilangan 11:1-23


"Ye … siapa yang sungut-sungut …! Yah … gimana atuh …. Abis emang susah sih …"

Ada satu cerita tentang seorang penulis novel yang mengadakan jumpa pers untuk Launching Novel pertamanya. “Bagaimana rasanya menyelesaikan Novel pertama anda dan mluncurkannya kke pasar sekarang??“ - Senang, mudah-mudahan novel ini bisa diterima untuk masyarakat.Bisa Anda ceritakan inti Novel Anda ini??” Intinya sih tetang jagoan Koboy yang membasmi para penjahat . "Jagoan Anda Koboy yang pastinya jago nembak, tapi kenapa dalam novel Anda ini, jagoan Anda selalu melesat sewaktu nembakin 5 peluru pertama, baru peluru terakhirnya kena penjahat .. ???"

Hehehe … itu ada ceritanya mas … jadi gini, sewaktu saya mau nulis novel ini … saya sudah diberi tahu kalau saya dibayar Rp.300,- perkata dalam novel saya ini…jadi setiap kali saya berkata “dor” dalam Novel saya, saya dapat Rp.300,- … jadi, saya tidak akan membiarkan jagoan saya Cuma menghasilkan Rp.300,- lansung mati penjahatnya sedangkan pelornya masih ada 5 lagi .. kan lumayan Rp.1.500,- lagi buat tambahan saya ….

Dasar … gak mau rugi !! hahahah …
Tema kita hari ini, entah karena dia serakah, atau emang upah Rp.300,-/kata itu terlalu dibawah standar … rasanya dia bisa saja terjatuh untuk bersungut-sungut, mengeluh …. “dah capek-capek cuma dihargain murah“ … tapi yang hebatnya … alih-alih dia ngeluh dia mikir solusi – jalan keluarnya … Ya itu tadi … “dor” 6 kali baru mati …. …".

Kalo ditanya tentang siapa musuh dalam kehidupan yang punya potensi mengganggu , memperlambat, menuju masa depan … jangan ragu untuk menempatkan dia sebagai salah satu musuhnya:

Sikap bersungut-sungut !!!

Tanyakan saja pada bangsa Israel dalam pembacaan Alkitab kita hari ini. Mereka sudah melalui perjalanan panjang dari Mesir sampai titik ini dan rasanya sudah berkali-kali SIKAP SUNGUT-SUNGUT MEREKA menghambat gerak mereka menuju JANJI TUHAN!! “Mana dagingnya … enakan di Mesir dulu atuh … makan ikan gratis … disini … sengsara kita! BALIK AJA LAGI

Bahkan bukan hanya Israel saja yang jatuh ke sikap sungut-sungut- Musa pun akhirnya jatuh dalam sikap sungut-sungut … “Tuhan … bebannya terlalu berat, bangsa ini bangsa yang rewel, dari mana daging untuk 600 ribu orang .. mending Tuhan bunuh aku aja sekarang

Padahal: pasal 13à Mereka hampir sampai di pernyataan janji Tuhan tentang Tanah Perjanjian itu. …

Kalau kita ingin melanjutkan perjalanan hidup kita ditahun 2010 ini dengan damai, dengan enak, menikmati perjalanan [kalau kita mau tiba di tempat berkat] … buang sungut-sungut kita …

Menurut pembahasan Alkitab kita ada beberapa hal yang bisa membantu kita untuk membuang sikap sungut-sungut dalam kehidupan kita …

(1) Ayat 1

"Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan."

Nasib Buruk??
Dalam kehidupan orang percaya orang percaya gak ada itu yang NASIB BURUK !! AMIN ?

Roma 8:2d:


ALLAH turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan!! TIDAK ADA

NASIB BURUK yang ada adalah cara ALLAH memproses hidup kita agar jadi lebih baik. Kegagalan kemarin itu bukan nasib buruk!! itu lah cara ALLAH memproses hidup kita agar kita jadi lebih tangguh, lebih kuat, lebih dewasa.

Bagi Israel – ketiadaan daging itu bukan nasib buruk, tapi supaya mereka bisa melihat cara ALLAH menyediakan apa yang mereka butuhkan!

(2) Ayat 14

"Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruh bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku."

MERASA SENDIRIAN ??? [ALLAH siap menolong kita]
"Sudah mentok Tuhan, buntu!! gak kuat lagi menanggung semua ini!!"

Kata siapa kita menanggung itu semua sendirian ??
Ilustrasi: cerita tentang Semut – Gajah …

Tahun 2010 ini kita punya kesempatan besar untuk melihat karya –karya Tuhan yang mau dinyatakn dalam dalam hidup kita! Mungkin tahun inilah Tuhan menjelaskan semua peristiwa yang terjadi dihari kemarin Mungkin tahun inilah saatnya Tuhan menyingkapkan jawaban-jawaban-Nya atas doa –doa kita.

Hari demi hari. Tahun demi tahun kita semakin dekat dengan apa yang disediakan Tuhan yang terbaik dalam hidup kita. Jangan biarkan SUNGUT-SUNGUT kita membuat kita salah langkah untuk meraih berkat-berkat Tuhan.

Bilangan 11:1-23 | Tidak lagi Bersungut-sungut

Tidak Lagi Bersungut-Sungut
Bilangan 11:1-23


"Ye … siapa yang sungut-sungut …! Yah … gimana atuh …. Abis emang susah sih …"

Ada satu cerita tentang seorang penulis novel yang mengadakan jumpa pers untuk Launching Novel pertamanya. “Bagaimana rasanya menyelesaikan Novel pertama anda dan mluncurkannya kke pasar sekarang??“ - Senang, mudah-mudahan novel ini bisa diterima untuk masyarakat.Bisa Anda ceritakan inti Novel Anda ini??” Intinya sih tetang jagoan Koboy yang membasmi para penjahat . "Jagoan Anda Koboy yang pastinya jago nembak, tapi kenapa dalam novel Anda ini, jagoan Anda selalu melesat sewaktu nembakin 5 peluru pertama, baru peluru terakhirnya kena penjahat .. ???"

Hehehe … itu ada ceritanya mas … jadi gini, sewaktu saya mau nulis novel ini … saya sudah diberi tahu kalau saya dibayar Rp.300,- perkata dalam novel saya ini…jadi setiap kali saya berkata “dor” dalam Novel saya, saya dapat Rp.300,- … jadi, saya tidak akan membiarkan jagoan saya Cuma menghasilkan Rp.300,- lansung mati penjahatnya sedangkan pelornya masih ada 5 lagi .. kan lumayan Rp.1.500,- lagi buat tambahan saya ….

Dasar … gak mau rugi !! hahahah …
Tema kita hari ini, entah karena dia serakah, atau emang upah Rp.300,-/kata itu terlalu dibawah standar … rasanya dia bisa saja terjatuh untuk bersungut-sungut, mengeluh …. “dah capek-capek cuma dihargain murah“ … tapi yang hebatnya … alih-alih dia ngeluh dia mikir solusi – jalan keluarnya … Ya itu tadi … “dor” 6 kali baru mati …. …".

Kalo ditanya tentang siapa musuh dalam kehidupan yang punya potensi mengganggu , memperlambat, menuju masa depan … jangan ragu untuk menempatkan dia sebagai salah satu musuhnya:

Sikap bersungut-sungut !!!

Tanyakan saja pada bangsa Israel dalam pembacaan Alkitab kita hari ini. Mereka sudah melalui perjalanan panjang dari Mesir sampai titik ini dan rasanya sudah berkali-kali SIKAP SUNGUT-SUNGUT MEREKA menghambat gerak mereka menuju JANJI TUHAN!! “Mana dagingnya … enakan di Mesir dulu atuh … makan ikan gratis … disini … sengsara kita! BALIK AJA LAGI

Bahkan bukan hanya Israel saja yang jatuh ke sikap sungut-sungut- Musa pun akhirnya jatuh dalam sikap sungut-sungut … “Tuhan … bebannya terlalu berat, bangsa ini bangsa yang rewel, dari mana daging untuk 600 ribu orang .. mending Tuhan bunuh aku aja sekarang

Padahal: pasal 13à Mereka hampir sampai di pernyataan janji Tuhan tentang Tanah Perjanjian itu. …

Kalau kita ingin melanjutkan perjalanan hidup kita ditahun 2010 ini dengan damai, dengan enak, menikmati perjalanan [kalau kita mau tiba di tempat berkat] … buang sungut-sungut kita …

Menurut pembahasan Alkitab kita ada beberapa hal yang bisa membantu kita untuk membuang sikap sungut-sungut dalam kehidupan kita …

(1) Ayat 1

"Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan."

Nasib Buruk??
Dalam kehidupan orang percaya orang percaya gak ada itu yang NASIB BURUK !! AMIN ?

Roma 8:2d:


ALLAH turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan!! TIDAK ADA

NASIB BURUK yang ada adalah cara ALLAH memproses hidup kita agar jadi lebih baik. Kegagalan kemarin itu bukan nasib buruk!! itu lah cara ALLAH memproses hidup kita agar kita jadi lebih tangguh, lebih kuat, lebih dewasa.

Bagi Israel – ketiadaan daging itu bukan nasib buruk, tapi supaya mereka bisa melihat cara ALLAH menyediakan apa yang mereka butuhkan!

(2) Ayat 14

"Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruh bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku."

MERASA SENDIRIAN ??? [ALLAH siap menolong kita]
"Sudah mentok Tuhan, buntu!! gak kuat lagi menanggung semua ini!!"

Kata siapa kita menanggung itu semua sendirian ??
Ilustrasi: cerita tentang Semut – Gajah …

Tahun 2010 ini kita punya kesempatan besar untuk melihat karya –karya Tuhan yang mau dinyatakn dalam dalam hidup kita! Mungkin tahun inilah Tuhan menjelaskan semua peristiwa yang terjadi dihari kemarin Mungkin tahun inilah saatnya Tuhan menyingkapkan jawaban-jawaban-Nya atas doa –doa kita.

Hari demi hari. Tahun demi tahun kita semakin dekat dengan apa yang disediakan Tuhan yang terbaik dalam hidup kita. Jangan biarkan SUNGUT-SUNGUT kita membuat kita salah langkah untuk meraih berkat-berkat Tuhan.

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


TERIMA RENUNGAN MELALUI EMAIL