Kejadian 33:1-20 | Rekonsiliasi - Pdt. Gerry Atje
Rekonsiliasi
Kejadian 33:1-20


Ada satu games yang mau kita mainkan hari ini ...

Games Perang


Alat yang dibutuhkan:
Kertas koran secukupnya
Peserta:
Berkelompok
Cara Bermain:

Bagi anak remaja menjadi dua kelompok (minimal 2 orang per kelompok), kemudian berikan selembar kertas koran kepada masing-masing anak dan gumpalkan kertas koran itu menjadi bola-bola. Tempatkan dua kelompok ini saling berhadapan dengan pembatas (bisa meja, kursi atau garis) untuk menentukan wilayah masing-masing kelompok.
Kemudian, jadikan bola kertas koran itu sebagai senjata perang untuk 'melempari lawan'. Lawan yang terkena bola koran dinyatakan gugur dan kelompok yang menang adalah mereka yang mampu bertahan sampai akhir.
(sumber games: Purnawan Kristanto,
77 Permainan Asik 3, Yayasan Andi)
Mari kita mulai permainannya ...

Gmana, lumayan seru kan gamesnya hehe ... Gmana rasanya menang? Puas!!! (Apalagi itu orang emang udah lama beneran pengen g timpuk kak!! heheh ...)

Sahabat, yang tadi itu emang cuma games doangan ... tapi kebayang gak sih kalo 'perang' kayak tadi itu bisa benar-benar terjadi lho dalam kehidupan keseharian kita sekarang ...

Gak, perangnya gak rame-rame memang ... cukup sendirian aja di kamar kita ... taruh foto orang yang ngeselin itu di dinding kamar kita ... trus kita lemparin tuh foto dia!!! (hahaha ... ini inspirasinya dapat dari pro pic nya temen di FB ... dia pasang foto nya sendiri yang jadi sasaran tembak itu lho, yang dilemparin sama anak panah kecil ... tau kan pasti ... Serasa patah hati banget kan cowoknya dia sampai lemparin muka temen FB saya ini ... hehe)

Setiap hari kalao ketemu ... udah kayak Tom - Jerry aja ... kagak pernah akur mereka, ribut mulu, pukul-pukulan terus!!!

Di Alkitab, ada juga cerita tentang dua basudara yang hidupnya kagak akur banget!! Siapa mereka?? Yups ... bener banget ... ESAU dan YAKUB!

Kita masih ingat dong gmana crita permusuhan mereka ... sampai mau bunuh-bunuhan segala waktu itu. Dari fisik, hobi sampai masing-masing punya ortu favorit aja dari situ udah keliatan kalo mereka emang bener-bener beda! Di tambah lagi ada insiden: "Gw tipu bokap gw, gw colong tu berkat punya abang gw!" ... Semakin resmilah dua basudara ini menjadi musuh bebuyutan! Yang satu kabur sejauh-jauhnya, yang satu ngancam: "Awas lu ya ... ketemu g bakalan bunuh lu orang!!"

Kalo tema kita hari ini bilang tentang 'Rekonsiliasi', - pengampunan, bermaap-maapan, berdamai - kira-kira ... menurut lu pribadi, mungkin gak sih Esau dan Yakub berdamai??

Mungkin?? Yakin kalo mereka bisa melakukan itu? Damai?
Kalo lu sendiri ... mungkin gak damai sama orang yang itu????

Kejadian 33:1-20

Ah .. ternyata mereka bisa juga lho berdamai, berpelukan setelah masa-masa puluhan tahun mereka jadi musuh bebuyutan!!!

Jadi nanya-nanya nih g, kenapa ya kok Esau dan Yakub bisa melakukan hal itu? Padahal kan kita tahu sendiri gmana mereka dulu itu jadi musuh bebuyutannya minta ampun ...

Nah ... yuks kita diskusiin deh tentang ini, menurut kamu gmana dan apa yang menyebabkan Esau dan Yakub bisa be-rekonsiliasi pada waktu itu???

.....
.....
.....

  1. Yah udah tualah ... masa mau perang terus tuh dua saudara! (tapi ya masa kita anak remaja mau tunggu sampai kakek nenek dulu baru baean sama abang atau adek kita????)
  2. Ayat 9. Dari mana datangnya permusuhan? IRI HATI! Padahal ... "ah ternyata masing-masing kita ini punya berkatnya dari Tuhan lho".
  3. Ah ini pengalaman lu kali ni .... Tolong jelasin dong ... kok bisa kamu pacaran sama orang yang dulunya itu kamu benci setengah mati, eneg rasanya, sakit badan - hati - pikiran kalo inget dia itu ngeselin banget!! Tapi kok malah jadi pacar ya??? -- Benci kalo ketemu, tapi kalo lagi gak ketemu dicariin, kita jadi rindu!
  4. Karena Tuhan sendiri yang udah nyontohin itu duluan buat hidup kita.

Kejadian 33:1-20 | Rekonsiliasi

Rekonsiliasi
Kejadian 33:1-20


Ada satu games yang mau kita mainkan hari ini ...

Games Perang


Alat yang dibutuhkan:
Kertas koran secukupnya
Peserta:
Berkelompok
Cara Bermain:

Bagi anak remaja menjadi dua kelompok (minimal 2 orang per kelompok), kemudian berikan selembar kertas koran kepada masing-masing anak dan gumpalkan kertas koran itu menjadi bola-bola. Tempatkan dua kelompok ini saling berhadapan dengan pembatas (bisa meja, kursi atau garis) untuk menentukan wilayah masing-masing kelompok.
Kemudian, jadikan bola kertas koran itu sebagai senjata perang untuk 'melempari lawan'. Lawan yang terkena bola koran dinyatakan gugur dan kelompok yang menang adalah mereka yang mampu bertahan sampai akhir.
(sumber games: Purnawan Kristanto,
77 Permainan Asik 3, Yayasan Andi)
Mari kita mulai permainannya ...

Gmana, lumayan seru kan gamesnya hehe ... Gmana rasanya menang? Puas!!! (Apalagi itu orang emang udah lama beneran pengen g timpuk kak!! heheh ...)

Sahabat, yang tadi itu emang cuma games doangan ... tapi kebayang gak sih kalo 'perang' kayak tadi itu bisa benar-benar terjadi lho dalam kehidupan keseharian kita sekarang ...

Gak, perangnya gak rame-rame memang ... cukup sendirian aja di kamar kita ... taruh foto orang yang ngeselin itu di dinding kamar kita ... trus kita lemparin tuh foto dia!!! (hahaha ... ini inspirasinya dapat dari pro pic nya temen di FB ... dia pasang foto nya sendiri yang jadi sasaran tembak itu lho, yang dilemparin sama anak panah kecil ... tau kan pasti ... Serasa patah hati banget kan cowoknya dia sampai lemparin muka temen FB saya ini ... hehe)

Setiap hari kalao ketemu ... udah kayak Tom - Jerry aja ... kagak pernah akur mereka, ribut mulu, pukul-pukulan terus!!!

Di Alkitab, ada juga cerita tentang dua basudara yang hidupnya kagak akur banget!! Siapa mereka?? Yups ... bener banget ... ESAU dan YAKUB!

Kita masih ingat dong gmana crita permusuhan mereka ... sampai mau bunuh-bunuhan segala waktu itu. Dari fisik, hobi sampai masing-masing punya ortu favorit aja dari situ udah keliatan kalo mereka emang bener-bener beda! Di tambah lagi ada insiden: "Gw tipu bokap gw, gw colong tu berkat punya abang gw!" ... Semakin resmilah dua basudara ini menjadi musuh bebuyutan! Yang satu kabur sejauh-jauhnya, yang satu ngancam: "Awas lu ya ... ketemu g bakalan bunuh lu orang!!"

Kalo tema kita hari ini bilang tentang 'Rekonsiliasi', - pengampunan, bermaap-maapan, berdamai - kira-kira ... menurut lu pribadi, mungkin gak sih Esau dan Yakub berdamai??

Mungkin?? Yakin kalo mereka bisa melakukan itu? Damai?
Kalo lu sendiri ... mungkin gak damai sama orang yang itu????

Kejadian 33:1-20

Ah .. ternyata mereka bisa juga lho berdamai, berpelukan setelah masa-masa puluhan tahun mereka jadi musuh bebuyutan!!!

Jadi nanya-nanya nih g, kenapa ya kok Esau dan Yakub bisa melakukan hal itu? Padahal kan kita tahu sendiri gmana mereka dulu itu jadi musuh bebuyutannya minta ampun ...

Nah ... yuks kita diskusiin deh tentang ini, menurut kamu gmana dan apa yang menyebabkan Esau dan Yakub bisa be-rekonsiliasi pada waktu itu???

.....
.....
.....

  1. Yah udah tualah ... masa mau perang terus tuh dua saudara! (tapi ya masa kita anak remaja mau tunggu sampai kakek nenek dulu baru baean sama abang atau adek kita????)
  2. Ayat 9. Dari mana datangnya permusuhan? IRI HATI! Padahal ... "ah ternyata masing-masing kita ini punya berkatnya dari Tuhan lho".
  3. Ah ini pengalaman lu kali ni .... Tolong jelasin dong ... kok bisa kamu pacaran sama orang yang dulunya itu kamu benci setengah mati, eneg rasanya, sakit badan - hati - pikiran kalo inget dia itu ngeselin banget!! Tapi kok malah jadi pacar ya??? -- Benci kalo ketemu, tapi kalo lagi gak ketemu dicariin, kita jadi rindu!
  4. Karena Tuhan sendiri yang udah nyontohin itu duluan buat hidup kita.

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


Terima Renungan Melalui Email