Kejadian 1:26 | Manusia Segambar dan Serupa Allah

Kejadian 1:26

Kita adalah gambar dan rupa Allah yang telah rusak.

Segambar dan Serupa dengan Allah — Ada yang menarik tentang penciptaan Adam dan hewan ketika kita melihat teks Ibrani yang diterjemahkan menjadi kata: "membentuk". Ada perbedaan di dalam kata Ibrani nya sehingga yang dikatakan sebagai ciptaan segambar dan serupa Allah hanyalah manusia, bukan hewan.

Pada Mulanya Allah Menciptakan Manusia

Kejadian 1:26
Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Kejadian 2:7
ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Kejadian 2:19
Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kepada Adam diberikan dua huruf yod (huruf ibrani) sedangkan kepada hewan hanya satu huruf yod (huruf ibrani).



Menurut tafsir Yahudi (lihat gambar di bawah), keberadaan dua huruf yod pada bentuk Adam (Kej. 2:7) adalah untuk menyediakan "dua penciptaan" yaitu: penciptaan manusia di bumi dan penciptaan manusia setelah kebangkitan orang mati.


Namun kesulitan dari penafsiran itu adalah karena orang Yahudi tidak semua percaya (contohnya: orang Saduki) bahwa kebangkitan orang mati itu ada pada Taurat Musa. (Lihat misalnya: Jewish Resurrection of the Dead)

Manusia sebagai Gambar Allah yang telah Rusak

Saya memahami dua huruf yod yang menjelaskan bentuk Adam di Kejadian 2:7 sebagai pada mulanya Adam diciptakan segambar dan serupa dengan Allah (Kejadian 1:26), sehingga Adam dikaruniai bukan hanya Nephesh (jiwa), tetapi juga keberadaan Roh Allah dalam diri Adam.

Namun Adam jatuh ke dalam dosa (Kejadian 3) sehingga "bentuk" Adam tidak lagi merepresentasikan kehadiran Roh Allah pada diri Adam dan keturunannya (Kejadian 5:3).

Kejadian 1:26
Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar (Ibrani: בְּצַלְמֵ֖נוּ, basalmenu - tselem) dan rupa Kita (Ibrani: כִּדְמוּתֵ֑נוּ, kidmutenu - demuth)

Kejadian 5:3
Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa (Ibrani: בִּדְמוּת֖וֹ, bidmutow - demuth) dan gambarnya (menurut rupa dan gambar Adam, Ibrani: כְּצַלְמ֑וֹ, kasalmow - tselem)

Karya Allah di dalam Yesus Kristus

Saya percaya bahwa ini menjadi jalan masuk bagi kita untuk mengenal lebih dalam lagi tentang arti inkarnasi Yesus dan penebusan Yesus yang membawa keselamatan bagi jiwa (nephesh).

Kejadian 2:17
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Keselamatan bagi manusia (Yohanes 3:16) yang pada mulanya diciptakan segambar dan serupa dengan Allah (Kejadian 1:26, Kejadian 2:7), namun akibat dosa (Kejadian 3) menjadi kehilangan gambar dan rupa Allah itu dalam kematian sehingga kita hanya "mewarisi gambar dan rupa Adam" yang telah jatuh ke dalam dosa (Kejadian 5:3).

Yohanes 20:22
Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.

Post a Comment