Tata Kebaktian Perjamuan Kudus ( + Persiapan PK ) - Pdt. Gerry Atje


Tata Kebaktian Persiapan Perjamuan Kudus
1. Nyanyian Pembuka (berdiri)

2. Votum dan Salam

Pemimpin (P): Marilah , dengarlah hai kamu sekalian yang takut akan Allah
Jemaat (J): Aku hendak menceritakan apa yang dilakukanNya terhadap diriku
P : Kepada-Nya aku telah berseru dengan mulutku
J : Kini dengan lidahku aku menyanyikan pujian
P : Seandainya ada niat jahat dalam hatiku
J : Tentulah Tuhan tidak mau mendengar
P : Sesungguhnya Allah telah mendengar
J : Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan
P : Terpujilah Allah yang tidak menolak doaku
J : dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku
P & J : Amin.

3. Doa Syukur (duduk)

4. Nyanyian Jemaat

5. Pemberitaan Firman

- Doa
- Pembacaan Alkitab
- Renungan
- Saat teduh

6. Pengujian Diri

Pemimpin (P):
Dalam rangka mempersiapkan diri kita untuk menyambut dan mengikuti Perjamuan Kudus yang akan datang, baiklah kita mencoba secara jujur untuk melihat dan menguji keberadaan kita, agar berkenan di hadapan-Nya. Sebab jikalau kita ambil bagian dalam Perjamuan Kudus dengan cara yang tidak berkenan , maka kita berdosa terhadap Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita menguji diri kita sendiri, dan sesudah itu baru mengikuti Perjamuan Kudus (Bnd. I Kor. 11:27-29). Sebagai orang-orang berdosa yang telah menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan kebangkitan Kristus:

1. Sudahkah kita memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa yang kita lakukan dan bertekad hidup dalam pembaharuan-Nya?
2. Sudahkah kita juga meminta maaf kepada sesama dan memaafkan sesama yang bersalah kapada kita, sebagaimana Tuhan telah mengampuni kita?
3. Sebagai persekutuan orang percaya, sudahkah kita melaksanakan panggilan Tuhan untuk hidup dalam kasih dan setia melakukan kehendak-Nya?
(Jemaat mengambil saat teduh sejenak)

7. Pengakuan Dosa

Pemimpin:
Marilah kita merendahkan hati kita, menyampaikan permohonan di hadapan Tuhan, agar Ia melayakkan kita untuk ambil bagian dalam Perjamuan Kudus pada hari yang akan datang, dengan menyanyikan ...

8. Persembahan

- Nas Persembahan
- Nyanyian Persembahan

9. Doa Persembahan dan Doa Syafaat

10. Nyanyian Penutup (berdiri)

11. Berkat

Pemimpin (P):
Ia (Tuhan) mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini, dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Maha Besar dan Juruselamat kita Yesus Kristus yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri , yang rajin berbuat baik. Maka Allah , Bapa kita , akan memenuhi segala keperluanmu, menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.
Jemaat: Amin ... Amin ...Amin ...

Catatan : Persiapan dilakukan dalam 3 (tiga) Tahap
Tahap 1 : Persiapan dalam Kebaktian Minggu (hari Minggu sebelum pelaksanaan). Digunakan Tata kebaktian Minggu. Sesudah Warta Jemaat (sebelum Doa Syafaat) disisipkan ajakan untuk pengujian diri.
Tahap 2 : Persiapan yang dilakukan secara masing-masing pribadi. Dalam Warta Jemaat dimuat Pengujian Diri sebagai berikut:
Sebagai orang-orang berdosa yang telah menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan kebangkitan Kristus:
1. Sudahkah kita memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa yang kita lakukan dan bertekad hidup dalam pembaharuan-Nya
2. Sudahkah kita juga meminta maaf kepada sesama dan memaafkan sesama yang bersalah kapada kita, sebagaimana Tuhan telah mengampuni kita?
3. Sebagai persekutuan orang percaya, sudahkah kita melaksanakan panggilan Tuhan untuk hidup dalam kasih dan setia melakukan kehendak-Nya?
Tahap 3 : Persiapan bersama dalam Kebaktian Persiapan (bisa waktu KRT atau hari lain)

TATA KEBAKTIAN PERJAMUAN KUDUS

PERSIAPAN
a. Persiapan Pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama:
- Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik
- Pelayan Firman dan anggota-anggota Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah, jemaat bangkit berdiri dan menyanyi KJ/PKJ/NKB/KK …

1. VOTUM DAN SALAM (berdiri)

PF: Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara- saudara
J: Amin

2. NATS PEMBIMBING

PF: Nats pembimbing kita pada kebaktian Minggu ini diambil dari ..
Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyikan dari KJ/KJ/NKB/KK ...

3. PENGAKUAN DOSA (duduk)

PF: Marilah kita mengaku dosa di hadapan Tuhan, Allah kita
(... Saat teduh ...)
Ya Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.Kami tidak patuh terhadap suara-Mu, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang.Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendakMu.Tetapi kami tahu ya Bapa yang Penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya pengganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu, demi nama-Nya.Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus,supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu.Amin

NYANYIAN JEMAAT

4. PEMBERITAAN ANUGERAH PENGAMPUNAN

PF: Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita: ...
Dalam nama Allah Bapa, dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan-Nya hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosanya. Amin.
J : Menyanyi dari KJ/PKJ/NKB/KK ...

5. HUKUM ALLAH /PETUNJUK HIDUP BARU 

6. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN

a. Doa untuk Pembacaan Alkitab
b. Pembacaan Alkitab
Selesai Pembacaan:
PF: Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta melakukan di dalam hidupnya Haleluya
J : Menyanyikan Kidung Jemaat 473a
Haleluya..Haleluya..Haleluya
c. Khotbah

7. PADUAN SUARA atau NYANYIAN JEMAAT

8. PENGAKUAN IMAN (berdiri)


PROSESI PERJAMUAN KUDUS

9. Nyanyian Persiapan Memasuki Perjamuan Kudus (duduk)

10. Titah Perjamuan Kudus

Pendeta: 
Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah I mengucap syukur atasnya;Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah TubuhKu yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!“ Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan lalu berkata: ”Cawan ini adalah perjanjian baru yang telah dimateraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini setiap kali kamu meminumnya menjadi peringatan akan Daku!” Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang“ (I Korintus 11:23-26).

11. Doa Mengundang Kehadiran Roh Kudus

Pendeta: 
Ya Bapa yang kudus dan maha adil, di dalam kami merayakan pengorbanan Yesus Kristrus, Tuhan kami, yang disalibkan sebagai persembahan hanya satu kali dan sempurna itu, kami mempersembahkan diri kami di hadapanMu sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepadaMu (Roma 12:1). Engkau mengenal isi hati kami, kuduskan dan baharuilah kami tentang keyakinan akan kehadiran Yesus Kristus, yang telah Kau bangkitkan dari antara orang mati, supaya Dia hidup di dalam kami dan kami hidup di dalam Dia. Curahkanlah Roh-Mu yang Kudus, supaya apabila kami menerima roti dan cawan minuman ini, kami turut mengambil bagian pada tubuh dan darah Yesus Kristus, Tuhan kami.Karena di dalam Dialah Engkau menjadikan, menguduskan,menghidupkan, memberkati dan memberi segala sesuatu kepada kami.
Bagaikan mayang gandum yang dahulunya tumbuh berserakan di bukit- bukit pada saat ini, di meja ini, menjadi satu dalam roti dan anggur ini.Himpunkanlah seperti itu pula ya Tuhan, gereja-Mu seluruhnya dari segala ujung bumi ke dalam kerajaanMu. Datanglah, ya Roh Kudus. Amin.
(Pendeta dan MJ turun dari mimbar menuju meja perjamuan kudus).

12. Doa Kerendahan Hati

Pendeta: 
Tuhan, tidaklah kami layak menjadi anak-Mu .
Tuhan, tidaklah sekali- kali kami layak menerima-Mu mampir pada kami.
Tuhan, tidaklah sekali- kali kami layak memungut remah- remah yang jatuh dari meja perjamuan-Mu.
Tetapi Engkau sendiri telah berkata: “Barangsiapa yang datang pada-Ku, dia tidak Kutolak”. Amin

13. Undangan 
Sesudah pendeta dan majelis mempersiapkan segala sesuatu, maka pendeta berkata:” Marilah karena segalanya telah sedia!”

14. Perjamuan Kudus

(Pendeta memecah- mecahkan roti sambil berkata):
”Roti yang dipecah- pecahkan ini adalah persekutuan dengan tubuh Yesus Kristus, Tuhan kita , yang diserahkan bagi kita.Ambillah!”(Pendeta memberikan sepotong roti kepada dua anggota jemaat yang duduk di sebelah kanan dan kirinya.Sesudah itu, Majelis Jemaat mengedarkan roti yang telah disediakan kepada segenap anggota jemaat sidi).
Sesudah semua menerima roti maka Pendeta berkata: “Makanlah, dengan mengingat pengorbanan Yesus Kristus, Anak Domba Allah”.

(Pendeta menuangkan air anggur dari cawan perjamuan kudus ke gelas perjamuan kudus sambil berkata ): ”Cawan minuman yang kami berkati ini adalah persekutuan dengan darah Yesus Kristus, Tuhan kita.Darah Perjanjian Baru yang dicurahkan bagi kita.Ambillah!” (Pendeta memberikan air anggur kepada dua anggota jemaat yang duduk di sebelah kanan dan kirinya). Sesudah itu Majelis Jemaat mengedarkan gelas-gelas perjamuan kepada segenap anggota jemaat sidi ).
Sesudah semua menerima air anggur, maka pendeta berkata:”Minumlah, dengan mengingat pengorbanan Yesus Kristus, Anak Domba Allah”.

15. Doa Syukur

Pendeta: 
Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus hai segenap batinku!
Pujilah Tuhan hai jiwaku, dan jangan lupakan segala kebaikanNya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitMu, dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmatNya. Amin!

16. Kata- Kata Nasehat (berdiri)

Pendeta: 
Saudara- saudara telah menerima Yesus Kristus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupMu tetap dalam Dia.Hendaklah saudara- saudara berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia. Hendaklah saudara-saudara bertambah teguh di dalam iman yang telah diajarkan kepadaMu, hendaklah hatimu melimpah dengan syukur (Kolose 2 :6-7).
(Pendeta kembali naik ke mimbar)

17. Nyanyian (duduk)

18. PERSEMBAHAN

a. Majelis jemaat membacakan ayat Alkitab pengantar persembahan dari ...
b. Doa Penyerahan persembahan (berdiri)
d. Selesai berdoa, jemaat menyanyi dari KJ/PKJ/NKB/KK ...

19.WARTA JEMAAT (duduk)

20. DOA SYAFAAT

21. NYANYIAN PENUTUP (berdiri)

22. BERKAT

PF: Dan sejahtera Allah yang mengatasi segenap pengertian akan melindungi hati dan pikiran saudara di dalam Kristus Yesus. Kiranya berkat daripada Allah Bapa dan Roh Kudus ,menyertai Saudara Sekalian, Amin.
J : 1 . 2 3 /4 . 3. / 2 . 1 . / 4 . 2 . / 1 . . . //
A ... min, A ... min A ... min

Tata Kebaktian Perjamuan Kudus ( + Persiapan PK )



Tata Kebaktian Persiapan Perjamuan Kudus
1. Nyanyian Pembuka (berdiri)

2. Votum dan Salam

Pemimpin (P): Marilah , dengarlah hai kamu sekalian yang takut akan Allah
Jemaat (J): Aku hendak menceritakan apa yang dilakukanNya terhadap diriku
P : Kepada-Nya aku telah berseru dengan mulutku
J : Kini dengan lidahku aku menyanyikan pujian
P : Seandainya ada niat jahat dalam hatiku
J : Tentulah Tuhan tidak mau mendengar
P : Sesungguhnya Allah telah mendengar
J : Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan
P : Terpujilah Allah yang tidak menolak doaku
J : dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku
P & J : Amin.

3. Doa Syukur (duduk)

4. Nyanyian Jemaat

5. Pemberitaan Firman

- Doa
- Pembacaan Alkitab
- Renungan
- Saat teduh

6. Pengujian Diri

Pemimpin (P):
Dalam rangka mempersiapkan diri kita untuk menyambut dan mengikuti Perjamuan Kudus yang akan datang, baiklah kita mencoba secara jujur untuk melihat dan menguji keberadaan kita, agar berkenan di hadapan-Nya. Sebab jikalau kita ambil bagian dalam Perjamuan Kudus dengan cara yang tidak berkenan , maka kita berdosa terhadap Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita menguji diri kita sendiri, dan sesudah itu baru mengikuti Perjamuan Kudus (Bnd. I Kor. 11:27-29). Sebagai orang-orang berdosa yang telah menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan kebangkitan Kristus:

1. Sudahkah kita memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa yang kita lakukan dan bertekad hidup dalam pembaharuan-Nya?
2. Sudahkah kita juga meminta maaf kepada sesama dan memaafkan sesama yang bersalah kapada kita, sebagaimana Tuhan telah mengampuni kita?
3. Sebagai persekutuan orang percaya, sudahkah kita melaksanakan panggilan Tuhan untuk hidup dalam kasih dan setia melakukan kehendak-Nya?
(Jemaat mengambil saat teduh sejenak)

7. Pengakuan Dosa

Pemimpin:
Marilah kita merendahkan hati kita, menyampaikan permohonan di hadapan Tuhan, agar Ia melayakkan kita untuk ambil bagian dalam Perjamuan Kudus pada hari yang akan datang, dengan menyanyikan ...

8. Persembahan

- Nas Persembahan
- Nyanyian Persembahan

9. Doa Persembahan dan Doa Syafaat

10. Nyanyian Penutup (berdiri)

11. Berkat

Pemimpin (P):
Ia (Tuhan) mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini, dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Maha Besar dan Juruselamat kita Yesus Kristus yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri , yang rajin berbuat baik. Maka Allah , Bapa kita , akan memenuhi segala keperluanmu, menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.
Jemaat: Amin ... Amin ...Amin ...

Catatan : Persiapan dilakukan dalam 3 (tiga) Tahap
Tahap 1 : Persiapan dalam Kebaktian Minggu (hari Minggu sebelum pelaksanaan). Digunakan Tata kebaktian Minggu. Sesudah Warta Jemaat (sebelum Doa Syafaat) disisipkan ajakan untuk pengujian diri.
Tahap 2 : Persiapan yang dilakukan secara masing-masing pribadi. Dalam Warta Jemaat dimuat Pengujian Diri sebagai berikut:
Sebagai orang-orang berdosa yang telah menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan kebangkitan Kristus:
1. Sudahkah kita memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa yang kita lakukan dan bertekad hidup dalam pembaharuan-Nya
2. Sudahkah kita juga meminta maaf kepada sesama dan memaafkan sesama yang bersalah kapada kita, sebagaimana Tuhan telah mengampuni kita?
3. Sebagai persekutuan orang percaya, sudahkah kita melaksanakan panggilan Tuhan untuk hidup dalam kasih dan setia melakukan kehendak-Nya?
Tahap 3 : Persiapan bersama dalam Kebaktian Persiapan (bisa waktu KRT atau hari lain)

TATA KEBAKTIAN PERJAMUAN KUDUS

PERSIAPAN
a. Persiapan Pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama:
- Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik
- Pelayan Firman dan anggota-anggota Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah, jemaat bangkit berdiri dan menyanyi KJ/PKJ/NKB/KK …

1. VOTUM DAN SALAM (berdiri)

PF: Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara- saudara
J: Amin

2. NATS PEMBIMBING

PF: Nats pembimbing kita pada kebaktian Minggu ini diambil dari ..
Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyikan dari KJ/KJ/NKB/KK ...

3. PENGAKUAN DOSA (duduk)

PF: Marilah kita mengaku dosa di hadapan Tuhan, Allah kita
(... Saat teduh ...)
Ya Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.Kami tidak patuh terhadap suara-Mu, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang.Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendakMu.Tetapi kami tahu ya Bapa yang Penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya pengganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu, demi nama-Nya.Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus,supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu.Amin

NYANYIAN JEMAAT

4. PEMBERITAAN ANUGERAH PENGAMPUNAN

PF: Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita: ...
Dalam nama Allah Bapa, dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan-Nya hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosanya. Amin.
J : Menyanyi dari KJ/PKJ/NKB/KK ...

5. HUKUM ALLAH /PETUNJUK HIDUP BARU 

6. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN

a. Doa untuk Pembacaan Alkitab
b. Pembacaan Alkitab
Selesai Pembacaan:
PF: Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta melakukan di dalam hidupnya Haleluya
J : Menyanyikan Kidung Jemaat 473a
Haleluya..Haleluya..Haleluya
c. Khotbah

7. PADUAN SUARA atau NYANYIAN JEMAAT

8. PENGAKUAN IMAN (berdiri)


PROSESI PERJAMUAN KUDUS

9. Nyanyian Persiapan Memasuki Perjamuan Kudus (duduk)

10. Titah Perjamuan Kudus

Pendeta: 
Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah I mengucap syukur atasnya;Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah TubuhKu yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!“ Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan lalu berkata: ”Cawan ini adalah perjanjian baru yang telah dimateraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini setiap kali kamu meminumnya menjadi peringatan akan Daku!” Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang“ (I Korintus 11:23-26).

11. Doa Mengundang Kehadiran Roh Kudus

Pendeta: 
Ya Bapa yang kudus dan maha adil, di dalam kami merayakan pengorbanan Yesus Kristrus, Tuhan kami, yang disalibkan sebagai persembahan hanya satu kali dan sempurna itu, kami mempersembahkan diri kami di hadapanMu sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepadaMu (Roma 12:1). Engkau mengenal isi hati kami, kuduskan dan baharuilah kami tentang keyakinan akan kehadiran Yesus Kristus, yang telah Kau bangkitkan dari antara orang mati, supaya Dia hidup di dalam kami dan kami hidup di dalam Dia. Curahkanlah Roh-Mu yang Kudus, supaya apabila kami menerima roti dan cawan minuman ini, kami turut mengambil bagian pada tubuh dan darah Yesus Kristus, Tuhan kami.Karena di dalam Dialah Engkau menjadikan, menguduskan,menghidupkan, memberkati dan memberi segala sesuatu kepada kami.
Bagaikan mayang gandum yang dahulunya tumbuh berserakan di bukit- bukit pada saat ini, di meja ini, menjadi satu dalam roti dan anggur ini.Himpunkanlah seperti itu pula ya Tuhan, gereja-Mu seluruhnya dari segala ujung bumi ke dalam kerajaanMu. Datanglah, ya Roh Kudus. Amin.
(Pendeta dan MJ turun dari mimbar menuju meja perjamuan kudus).

12. Doa Kerendahan Hati

Pendeta: 
Tuhan, tidaklah kami layak menjadi anak-Mu .
Tuhan, tidaklah sekali- kali kami layak menerima-Mu mampir pada kami.
Tuhan, tidaklah sekali- kali kami layak memungut remah- remah yang jatuh dari meja perjamuan-Mu.
Tetapi Engkau sendiri telah berkata: “Barangsiapa yang datang pada-Ku, dia tidak Kutolak”. Amin

13. Undangan 
Sesudah pendeta dan majelis mempersiapkan segala sesuatu, maka pendeta berkata:” Marilah karena segalanya telah sedia!”

14. Perjamuan Kudus

(Pendeta memecah- mecahkan roti sambil berkata):
”Roti yang dipecah- pecahkan ini adalah persekutuan dengan tubuh Yesus Kristus, Tuhan kita , yang diserahkan bagi kita.Ambillah!”(Pendeta memberikan sepotong roti kepada dua anggota jemaat yang duduk di sebelah kanan dan kirinya.Sesudah itu, Majelis Jemaat mengedarkan roti yang telah disediakan kepada segenap anggota jemaat sidi).
Sesudah semua menerima roti maka Pendeta berkata: “Makanlah, dengan mengingat pengorbanan Yesus Kristus, Anak Domba Allah”.

(Pendeta menuangkan air anggur dari cawan perjamuan kudus ke gelas perjamuan kudus sambil berkata ): ”Cawan minuman yang kami berkati ini adalah persekutuan dengan darah Yesus Kristus, Tuhan kita.Darah Perjanjian Baru yang dicurahkan bagi kita.Ambillah!” (Pendeta memberikan air anggur kepada dua anggota jemaat yang duduk di sebelah kanan dan kirinya). Sesudah itu Majelis Jemaat mengedarkan gelas-gelas perjamuan kepada segenap anggota jemaat sidi ).
Sesudah semua menerima air anggur, maka pendeta berkata:”Minumlah, dengan mengingat pengorbanan Yesus Kristus, Anak Domba Allah”.

15. Doa Syukur

Pendeta: 
Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus hai segenap batinku!
Pujilah Tuhan hai jiwaku, dan jangan lupakan segala kebaikanNya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitMu, dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmatNya. Amin!

16. Kata- Kata Nasehat (berdiri)

Pendeta: 
Saudara- saudara telah menerima Yesus Kristus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupMu tetap dalam Dia.Hendaklah saudara- saudara berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia. Hendaklah saudara-saudara bertambah teguh di dalam iman yang telah diajarkan kepadaMu, hendaklah hatimu melimpah dengan syukur (Kolose 2 :6-7).
(Pendeta kembali naik ke mimbar)

17. Nyanyian (duduk)

18. PERSEMBAHAN

a. Majelis jemaat membacakan ayat Alkitab pengantar persembahan dari ...
b. Doa Penyerahan persembahan (berdiri)
d. Selesai berdoa, jemaat menyanyi dari KJ/PKJ/NKB/KK ...

19.WARTA JEMAAT (duduk)

20. DOA SYAFAAT

21. NYANYIAN PENUTUP (berdiri)

22. BERKAT

PF: Dan sejahtera Allah yang mengatasi segenap pengertian akan melindungi hati dan pikiran saudara di dalam Kristus Yesus. Kiranya berkat daripada Allah Bapa dan Roh Kudus ,menyertai Saudara Sekalian, Amin.
J : 1 . 2 3 /4 . 3. / 2 . 1 . / 4 . 2 . / 1 . . . //
A ... min, A ... min A ... min

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


Terima Renungan Melalui Email