Tata Kebaktian Baptisan Anak & Dewasa - Pdt. Gerry Atje

    Social Items



TATA KEBAKTIAN SAKRAMEN BAPTISAN ANAK
PERSIAPAN
a. Persiapan pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama :
  • Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik.
  • Pelayan Firman dan anggota Majelis Jemaat memasuki ruangan kebaktian, jemaat bangkit berdiri dan menyanyi KJ/PKJ/Kidung Kabungahan No. …
1. VOTUM DAN SALAM (Jemaat berdiri)
PF : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.
2. NAS PEMBIMBING (Sesuai kalender Gerejawi)
PF : Nas Pembimbing kita pada kebaktian minggu ini diambil dari ……………………………
Lit : Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyi dari …………………….
3. PENGAKUAN DOSA (Jemaat duduk)
P : Marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan, Allah kita.
(……………………Saat Teduh diiringi organ dari KJ : …………………)
Ya Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.
Kami tidak patuh terhadap suara-Mu. Kami tidak berbuat apa yang seharusnya kami perbuat, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendak-Mu.
Tetapi kami tahu ya Bapa, yang penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.
Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya pengganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu demi nama-Nya: Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus, supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu. Amin.
4. NYANYIAN JEMAAT (P)
5. BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN (PF)
PF : Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita :
Dibacakan dari :Yohanes 3:16; atau Mazmur 103:8-14; atau Roma 6:1-4, dll.
Dalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosa kita. Amin.
P: Marilah dengan sukacita kita sambut anugerah yang telah dinyatakan kepada kita dengan menyanyi dari ………………………………
6. HUKUM ALLAH / PETUNJUK HIDUP BARU : (PF)
Dibacakan dari : Keluaran 20:2-17; atau Matius 22:37-40;
Roma 13:8-10; dll. lihat lampiran.
7. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN – (PF)
a. Doa untuk Pembacaan Alkitab
b. Pembacaan Alkitab
Selesai pembacaan :
P F : Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta
memeliharanya di dalam hidupnya. Haleluya ! *
c. KHOTBAH
8. PADUAN SUARA atau NYANYIAN JEMAAT
9. PENGAKUAN IMAN (P) - (Jemaat berdiri)
P : Marilah kita mengucapkan pengakuan kepercayaan kita bersama-
sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat.
J : Aku percaya kepada Allah Bapa yang mahakuasa, Khalik langit
dan bumi.
Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut, pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa, dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus; gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan hidup yang kekal.
Amin.
(Jemaat duduk kembali)

PERSIAPAN PELAYANAN SAKRAMEN BAPTISAN ANAK

Jemaat menyanyi................. / Paduan Suara / VG
PF : Jemaat yang dikasihi Tuhan, sebagaimana telah diberitakan dalam warta jemaat
sesuai dengan TG dan PPTG GKP, maka pada kebaktian minggu ini akan dilakukan Pelayanan Sakramen Baptisan Anak.
Yang akan menerima sakramen Baptisan kudus adalah : .......... anak dari bapak... dan ibu .......... dst.
(dan pada saat ini juga akan turut dilayani sakramen Baptisan bagi : .... anak dari keluarga Bapak .... dan ibu .......... dst. Yang berasal dari Jemaat ......... sesuai dengan permohonan yang telah diterima oleh MJ).
Tuhan kita Yesus Kristus sebelum kenaikanNya ke sorga telah berpesan kepada murid-muridNya : ” KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikan semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadaMu. Dan ketahuilah Aku menyerti kamu senantiasa sampai kepada akhir Jaman.” (Matius 28:18b-20).
Baptisan Kudus mengingatkan, bahwa kita dan anak-anak kita sejak semula adalah orang-orang berdosa. Firman Tuhan memberitakan : ” Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.” (Roma 3 : 10).
Karena itu tidak seorangpun dapat masuk kedalam kerajaan Allah kalau tidak dilahirkan kembali. Hal itu dinyatakan dalam sakramen baptisan yang ditandai pembasuhan dengan air, yang menunjuk kepada pembasuhan dosa-dosa kita dan anak-anak kita oleh darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus didalam hati kita.
Dibaptiskan dalam nama Allah Bapa menyatakan dan memeteraikan kepada kita bahwa Allah Bapa mengadakan perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak kita, Dia hendak mengangkat kita menjadi anak-anakNya dan waris-warisNya.
Dibaptiskan dalam nama Anak, memeteraikan kepada kita bahwa oleh pengorbanan Yesus Kristus, Tuhan menyucikan kita dari segala dosa kita.
Dibaptiskan dalam nama Roh Kudus, memeteraikan kepada kita bahwa Roh Kudus hendak bekerja di dalam hati kita dan mengaruniakan hidup yang baru karena persekutuan dengan Kristus dari hari ke hari.
Sekalipun anak-anak kita belum mengerti baptisan, janganlah kita lalai membaptiskan mereka, karena merekapun terhisap dalam perjanjian anugerahNya dan untuk merekapun Kristus datang ke dunia ini.
Jemaat : Menyanyi ......................................

PERTANYAAN KEPADA ORANG TUA

PF : Sebagai orang beriman dan telah menerima baptisan kudus, saudara-saudara telah mengerti tengtang arti baptisan kudus seperti yang telah kita dengarkan tadi, yaitu sebagai tanda yang memateraikan perjanjian Allah dengan kita dan anak-anak kita. Oleh karena itu sebagai orang tua dan jemaat yang membaptiskan anak-anak, Saudara-saudara bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak tersebut sehingga secara berangsur-angsur mereka mengerti makna baptisan kudus dan pada waktunya dapat menyatakan pengakuan imannya secara pribadi.
Agar menjadi nyata bahwa suadara-saudara bermaksud demikian maka kami persilahkan saudara-saudara menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Selanjutnya kami persilahkan Saudara-saudara berdiri :
1. Apakah saudara percaya bahwa anak-anak saudara ini meskipun dikandung dan diperanakkan dalam dosa, tetapi berdasarkan kasih Allah di dalam Yesus Kristus menerima pengampunan dosa dan masuk ke dalam persekutuan gereja yang kudus.
2. Apakah saudara berjanji akan mendidik anak-anak saudara-saudara ini untuk hidup dalam persekutuan keluarga dan jemaat yang kudus sampai anak-anak saudara ini menyatakan pengakuan iman kepada Yesus Kristus secara pribadi dan hidup dalam ketaatan kepadaNya sesuai dengan isi Alkitab dan mentaati Tata Gereja.
Apakah jawab Saudara............. dan............ (menyebut nama ayah dan/atau ibu)
Orang tua : SAYA PERCAYA DAN BERJANJI (diucapkan bersama-sama oleh orang-tua).
(setelah semua orangtua menjawab, maka pendeta berkata : ”Kiranya Tuhan menolong Saudara-saudara!”

DOA MENGUNDANG ROH KUDUS

(Setelah berdoa Pendeta turun dari mimbar, bersama dengan MJ yang bertugas menuju tempat Pelaksanaan baptisan)
PELAYANAN BAPTISAN (Orang tua dan anak berlutut).
PF : ”...(nama yang dibaptis disebut)....aku baptiskan engkau dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus..... (membacakan nats baptisan, lalu mengucapkan AMIN!.”)
  • Sesudah semua anak menerima baptisan, orangtua dan anak-anak yang menerima baptisan berlutut, jemaat berdiri dan pendeta menyampaikan berkat dengan Penumpangan tangan :
PF: ”Kiranya Tuhan memberkati engkau,
Supaya engkau melihat kebahagiaan seumur hidupmu
Dan melihat anak-anak dari anak-anakmu
Damai sejahtera Allah menyertai engkau dan anak-anakmu
Sekarang dan selama-lamanya .” Amin ! (bdk Mazmur 128:5,6)
JEMAAT : Menyanyi dari KJ 350 : 1
”O berkati kami dan lindungi kami.
Tuhan, b’rilah rahmatMu oleh sinar wajahMu”
  • Setelah menyanyi jemaat duduk.
  • pendeta mengangkat yang berlutut seorang demi seorang
  • P F kembali ke mimbar.

DOA SYUKUR : PF

PERSEMBAHAN (P)

a. Ayat persembahan dibacakan
b. Sementara persembahan dihimpun jemaat menyanyi dari...........
c. Doa persembahan, jemaat berdiri
WARTA JEMAAT (P) - jemaat duduk

DOA SYAFAAT - (PF)

(Doa untuk kejadian/pergumulan jemaat/gereja, masyarakat, dan negara, lembaga oikumenis dan dunia, diakhiri dengan doa Bapa kami).
NYANYIAN PENUTUP jemaat berdiri

PENGUTUSAN DAN BERKAT

PF : Jadi akhirnya, saudara-saudara semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu.
Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu : ” Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Yesus Kristus” (Pilipi 4: 8-9, 7).
JEMAAT : Amin....,amin.....,amin....

SAAT TEDUH

Catatan :
Pertanyaan satu-persatu diajukan oleh pendeta kepada orang tua yang akan membaptiskan anaknya dengan menyebut nama ayah dan ibu. Persembahan syukur dari orang tua diberikan secara khusus pada tempat yang telah disediakan, berdasarkan ketentuan jemaat masing-masing.

TATA KEBAKTIAN SAKRAMEN BAPTISAN DEWASA
PERSIAPAN
a. Persiapan pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama :
  • Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik.
  • Pelayan Firman dan anggota-anggota Majelis Jemaat memasuki ruang kebaktian, jemaat berdiri dan menyanyi (KJ/PKJ/NKB/KK) * No…
1. VOTUM DAN SALAM (Jemaat berdiri)
PF : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.
2. NAS PEMBIMBING (PF) (Sesuai kalender Gerejawi)
Nas Pembimbing kita pada Kebaktian Minggu ini diambil dari : …
Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyi dari (KJ/PKJ/NKB/KK) * No…
3. PENGAKUAN DOSA (P) (Lihat Lampiran) (Jemaat duduk)
P : Marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan, Allah kita.
(……………………Saat Teduh…………………)
Ya Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.
Kami tidak patuh terhadap suara-Mu. Kami tidak berbuat apa yang seharusnya kami perbuat, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendak-Mu.
Tetapi kami tahu ya Bapa, yang penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.
Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya ganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu demi nama-Nya: Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus, supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu. Amin.
4. NYANYIAN JEMAAT (P)
5. BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN (PF)
PF: Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita :
Dibacakan dari Mazmur 103 : 8-14, Roma 6 : 1-4, Yohanes 3 : 16, Roma 8 : 31-39.
Dalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan-Nya hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosanya. Amin.
Jemaat : Menyanyi dari KJ/PKJ/NKB/KK No: .. (P)
6. HUKUM ALLAH/PETUNJUK HIDUP BARU (PF):
Dibacakan dari : (Lihat lampiran)
7. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN (PF)
- Doa untuk Pembacaan Alkitab
- Pembacaan Alkitab
Selesai pembacaan :
PF : Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta memeliharanya di dalam hidupnya. Haleluya
J : Menyanyi Kidung Jemaat 473 a
5 5 / 6 5 ‘ 1 1 / 2 1 ‘ 4 4 / 3 2 1 2 / 1 . //
Ha – le – lu – ya, ha – le – lu – ya, ha – le – lu - ya !
C. Khotbah
8. PERSIAPAN PELAYANAN BAPTISAN KUDUS DEWASA
Jemaat menyanyi................. / Paduan Suara / VG
PF : Jemaat yang dikasihi Tuhan, sebagaimana telah diberitakan dalam warta jemaat
sesuai dengan TG GKP, maka pada kebaktian minggu ini akan dilakukan Pelayanan Sakramen Baptisan Dewasa.
Yang akan menerima sakramen Baptisan Kudus adalah : .......... ......... dst.
Tuhan kita Yesus Kristus sebelum kenaikanNya ke sorga telah berpesan kepada murid-muridNya : ” KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadaMu. Dan ketahuilah Aku menyerti kamu senantiasa sampai kepada akhir Jaman.” (Matius 28:18b-20).
Baptisan Kudus mengingatkan, bahwa kita dan anak-anak kita sejak semula adalah orang-orang berdosa. Firman Tuhan memberitakan : ” Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.” (Roma 3 : 10).
Karena itu tidak seorangpun dapat masuk kedalam kerajaan Allah kalau tidak dilahirkan kembali. Hal itu dinyatakan dalam sakramen baptisan yang ditandai pembasuhan dengan air, yang menunjuk kepada pembasuhan dosa-dosa kita dan anak-anak kita oleh darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus didalam hati kita.
Dibaptiskan dengan nama Bapa menyatakan dan memeteraikan kepada kita bahwa Allah Bapa mengadakan perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak kita, Dia hendak mengangkat kita menjadi anak-anakNya dan waris-warisNya.
Dibaptiskan dengan nama Anak, memateraikan kepada kita bahwa oleh pengorbanan Yesus Kristus, Tuhan menyucikan kita dari segala dosa kita.
Dibaptiskan dengan nama Roh Kudus, memateraikan kepada kita bahwa Roh Kudus hendak diam di dalam hati kita dan mengaruniakn hidup yang baru karena persekutuan dengan kristus dari hari ke hari.

9. NYANYIAN JEMAAT (PF)

10. PERTANYAAN KEPADA YANG AKAN MENERIMA BAPTISAN

PF : Setelah melaksanakan pembinaan melalui katekisasi dan mengadakan percakapan dengan calon baptis dewasa, maka Majelis Jemaat menyatakan bahwa mereka telah siap untuk menyatakan iman mereka dengan mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli secara pribadi dan menerima sakramen baptisan kudus. Oleh karena itu kepada Saudara-saudara tersebut dipersilahkan berdiri untuk menyatakan pengakuan iman :
Calon Baptis Dewasa : (Bersama-sama menyatakan pengakuan iman rasuli)
..........................................................................................
PF : Selanjutnya saudara-saudara dipersilahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
  1. Apakah saudara menerima panggilan Allah di dalam Kristus untuk dengan karuniaNya melawan dosa dan iblis serta mengikuti juru selamatmu dalam seluruh kehidupanmu, serta mengakui Dia di hadapan manusia dan bertekun bekerja dalam kerajaanNya?
  2. Apakah saudara dalam persekutuan Gereja Kristen Yang Esa bersedia mengambil bagian dalam pelayanan Firman dan Sakramen, bertekun di dalam doa dan dalam membaca Alkitab, serta turut membantu pekerjaan jemaat Kristus di mana pun Saudara berada menurut daya kekuatan saudara?
Apakah jawab saudara.......? (Nama calon Baptis disebutkan)
Calon baptis: ”Ya dengan segenap hati ” ?
PF : Kiranya Tuhan menolong Saudara-Saudara
(Pendeta turun dari mimbar, didampingi oleh Majelis Jemaat yang bertugas)

11. PELAYANAN BAPTISAN

(Bergantian yang akan menerima palayanan baptisan berlutut di tempat yang disediakan)
PF : .......................... (nama yang dibaptiskan disebut)...,
” aku baptiskan engkau dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus .... (pendeta membacakan ayat baptisan, lalu mengakhirinya dengan AMIN!”

BERKAT DENGAN PENUMPANGAN TANGAN

(Jemaat Berdiri, yang menerima pelayanan Baptisan berlutut bersama-sama)
Pendeta : ”Semoga Allah Damai Sejahtera menguduskan kamu sekalian dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya. AMIN!” (bdk 1 Tes 5:23-24)
Nyanyian Jemaat : menyanyikan Mazmur 134 : 3
”Kiranya khalik dunia, Allahmu beranugerah, bri dari Sion yang teguh,
berkatNya pada jalanmu.”
atau KJ 350 : 1
”O berkati kami dan lindungi kami.
Tuhan, b’rilah rahmatMu oleh sinar wajahMu”
PERNYATAAN (Jemaat duduk, yang baru dibaptis diangkat seorang demi seorang oleh pendeta dan menghadap Jemaat)
PF: Berdasarkan pengakuan iman dan baptisan yang telah Saudara-saudara terima, kami nyatakan Saudara-saudara menjadi anggota tubuh Kristus dalam persekutuan Gereja Kristus yang Esa, sesuai dengan status keanggotaan Saudara; serta berhak menerima pelayanan Sakramen Perjamuan Kudus.
PENYERAHAN (yang baru menerima baptisan, menghadap Jemaat)
PF : Jemaat yang dikasihi Tuhan,
Berdasarkan pernyataan yang telah kita dengar bersama, kini kami serahkan dia/mereka ke dalam kasih saudara-saudara sebagai anggota yang menjadi satu dengan kita di dalam Tuhan Yesus Kristus. Terimalah dan sambutlah mereka dengan melakukan Firman Tuhan seperti yang Tuhan Yesus Kristus katakan: ”Aku memberikan perintah baru kepadamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi (Yohanes 13:34-35).
(Pendeta kembali ke mimbar, persembahan khusus dari yang menerima baptisan dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan jemaat)
12. DOA SYUKUR
13. PENGAKUAN IMAN (jemaat berdiri)
P: Marilah kita mengucapkan pengakuan kepercayaan kita bersama-sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat.
B : Aku percaya kepada Allah Bapa yang mahakuasa, Khalik langit dan bumi.
Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut, pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa, dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus; gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan hidup yang kekal. Amin.
(Jemaat duduk kembali)
14. PERSEMBAHAN (P)
a. Majelis Jemaat membacakan ayat Alkitab pengantar persembahan dari:
(lihat lampiran)
b. Persembahan dilakukan dengan tenang, tanpa diiringi nyanyian Jemaat
c. Doa Penyerahan Persembahan (Jemaat berdiri)
d. Selesai berdoa Jemaat menyanyi dari : (KJ/PKJ/NKB/KK) * No…
15. WARTA JEMAAT (Jemaat duduk)
16. DOA SYAFAAT
Pemimpin : Pokok doa : kehidupan Jemaat, Klasis, Sinode, Lembaga
Oikumenis, masyarakat, bangsa, negara dan dunia.
Di akhir doa, Pelayan mengucapkan : “seluruh doa ini kami naikkan dalam nama Yesus Kristus. Pada kesempatan ini kami juga ingin berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Tuhan Yesus…..” ( bersama Jemaat mengucapkan Doa Bapa Kami).
Bersama-sama :
Bapa kami yang ada di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.
16. NYANYIAN PENUTUP (PF) dari (KJ/PKJ/NKB/KK) * No… (Jemaat berdiri)
17. BERKAT
P : Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus dan kasih Allah dan
persekutuan Roh Kudus, menyertai saudara-saudara.
J : 1 . 2 3 / 4 . 3 . ‘ / 2 . 1 . ‘ / 4 . 2 . / 1 . . . //
A - - - - - - - --- - min, a - min, a - - - - min.
***
TATA KEBAKTIAN
SAKRAMEN BAPTISAN DEWASA
PERSIAPAN
a. Persiapan pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama :
  • Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik.
  • Pelayan Firman dan anggota Majelis Jemaat memasuki ruangan kebaktian, jemaat bangkit berdiri dan menyanyi KJ/PKJ/Kidung Kabungahan No. …
1. VOTUM DAN SALAM (Jemaat berdiri)
PF : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.
2. NAS PEMBIMBING (PF) (Sesuai kalender Gerejawi)
PF : Nas Pembimbing kita pada kebaktian minggu ini diambil dari ……………………………
P : Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyi dari …………………….
3. PENGAKUAN DOSA (P)(Jemaat duduk)
P : Marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan, Allah kita.
(……………………Saat Teduh diiringi organ dari KJ : …………………)
Ya Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.
Kami tidak patuh terhadap suara-Mu. Kami tidak berbuat apa yang seharusnya kami perbuat, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendak-Mu.
Tetapi kami tahu ya Bapa, yang penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.
Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya pengganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu dalam nama-Nya: Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus, supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu. Amin.
4. NYANYIAN JEMAAT (P)
5. BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN (PF)
PF : Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita :
Dibacakan dari :Yohanes 3:16; atau Mazmur 103:8-14; atau Roma 6:1-4, dll.
Dalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan-Nya hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosa kita. Amin.
P : Marilah dengan sukacita kita sambut anugerah yang telah dinyatakan kepada kita dengan menyanyi dari ………………………………
6. HUKUM ALLAH / PETUNJUK HIDUP BARU (PF) :
Dibacakan dari : Keluaran 20:2-17; atau Matius 22:37-40;
Roma 13:8-10; dll. lihat lampiran.
7. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN (PF)
a. Doa untuk Pembacaan Alkitab
b. Pembacaan lkitab
Selesai pembacaan :
P F : Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya. (Lukas 11:28). Haleluya/Hosiana/Maranatha!
c. KHOTBAH
8. PADUAN SUARA atau NYANYIAN JEMAAT

9. PERSIAPAN PELAYANAN SAKRAMEN BAPTISAN

Jemaat menyanyi................. / Paduan Suara / VG
10. PENGANTAR
Pdt : Jemaat yang dikasihi Tuhan, sebagaimana telah diberitakan dalam warta jemaat
sesuai dengan TG dan PPTG GKP, maka pada kebaktian minggu ini akan dilakukan Pelayanan Sakramen Baptisan Dewasa.
Yang akan menerima sakramen Baptisan kudus adalah : .......... anak dari bapak... dan ibu .......... dst.
(dan pada saat ini juga akan turut dilayani sakramen Baptisan bagi : .... anak dari keluarga Bapak .... dan ibu .......... dst. Yang berasal dari Jemaat ......... sesuai dengan permohonan yang telah diterima oleh MJ).
Tuhan kita Yesus Kristus sebelum kenaikanNya ke sorga telah berpesan kepada murid-muridNya : ” KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikan semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadaMu. Dan ketahuilah Aku menyerti kamu senantiasa sampai kepada akhir Jaman.” (Matius 28:18b-20).
Baptisan Kudus mengingatkan, bahwa kita dan anak-anak kita sejak semula adalah orang-orang berdosa. Firman Tuhan memberitakan : ” Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.” (Roma 3 : 10).
Karena itu tidak seorangpun dapat masuk kedalam kerajaan Allah kalau tidak dilahirkan kembali. Hal itu dinyatakan dalam sakramen baptisan yang ditandai pembasuhan dengan air, yang menunjuk kepada pembasuhan dosa-dosa kita dan anak-anak kita oleh darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus didalam hati kita.
Dibaptiskan dalam nama Allah Bapa menyatakan dan memeteraikan kepada kita bahwa Allah Bapa mengadakan perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak kita, Dia hendak mengangkat kita menjadi anak-anakNya dan waris-warisNya.
Dibaptiskan dalam nama Anak, memeteraikan kepada kita bahwa oleh pengorbanan Yesus Kristus, Tuhan menyucikan kita dari segala dosa kita.
Dibaptiskan dalam nama Roh Kudus, memeteraikan kepada kita bahwa Roh Kudus hendak bekerja di dalam hati kita dan mengaruniakan hidup yang baru karena persekutuan dengan Kristus dari hari ke hari.
Sekalipun anak-anak kita belum mengerti baptisan, janganlah kita lalai membaptiskan mereka, karena merekapun mendapat bagian dalam perjanjian anugerahNya dan untuk merekapun Kristus datang ke dunia ini.
11. NYANYIAN JEMAAT

12. PENGUCAPAN PENGAKUAN IMAN

Pdt : Saudara-saudara yang akan menerima sakramen Baptis Dewasa dipersilakan terlebih dahulu mengikrarkan Pengakuan Iman Saudara-saudara. Untuk itu saya persilahkan Saudara-saudara berdiri (Mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli....)
(Jika Pengakuan Iman tidak memungkinkan untuk diucapkan, dapat diganti dengan pertanyaan sebagai berikut) :
Apakah Saudara mengaku percaya kepada allah Bapa, Yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi dan kepadaYesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita dan kepada Roh Kudus?
Yang akan dibaptis dewasa menjawab : ”Saya Percaya!”
13. PERTANYAAN KEPADA YANG AKAN BAPTIS DEWASA
Pdt: Selanjutnya kepada Saudara-saudara dipersilakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
    1. Apakah Saudara menerima panggilan Allah di dalam Kristus untuk dengan karuniaNya melawan dosa dan Iblis serta mengikut Juruselamat dalam kehidupanmu dan mengakui Dia di hadapan manusia serta bertekun bekerja dalam Kerajaan-Nya?
    2. Apakah dalam persekutuan Gereja Kristen yang Esa, Saudara bersedia mengambil bagian dalam pelayanan Firman dan Sakramen, bertekun di dalam doa dan dalam pembacaan Alkitab serta turut membantu pekerjaan Jemaat Kristus di mana pun Saudara berada, menurut daya dan kekuatan Saudara?
Apakah Jawab Saudara (nama calon Baptis Dewasa disebutkan)?
Calon : ”Saya Percaya dan Berjanji!
(Setelah semua calon menjawab)
Pdt : ”Kiranya Tuhan menolong Saudara-saudara.”
(Pendeta mempersilahkan yang telah mengaku iman untuk duduk kembali)

NYANYIAN JEMAAT (PF)

DOA MENGUNDANG ROH KUDUS

Pdt : Saudara-saudara mari kita berdoa :
”Bapa kami dalam sorga, Allah yang kekal dan setia. Engkau telah mendengar janji dan pengakuan iman yang telah saudara-saudara kami ini ucapkan. Berkatilah dan mampukanlah mereka agar mereka hidup sesuai dengan janji mereka. Terimalah mereka dalam anugerahMu. Kuduskanlah mereka dalam persekutuan-Mu. Kiranya Tuhan sendiri berkenan menumpangkan tangan ke atas mereka agar Roh Kudus bekerja memimpin, memelihara dan memberkati mereka. Supaya mereka hidup benar di hadapan Allah dan manusia. Amin.
(Pendeta turun dari mimbar didampingi Majelis Jemaat yang bertugas menuju tempat baptisan)
PELAYANAN BAPTISAN (Bagi yang dibaptis dewasa diharap maju ke depan dan berlutut).
Pdt : ”...(nama yang dibaptis disebut)....aku baptiskan engkau dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. (membacakan ayat baptisan dan mengakhirinya dengan AMIN!’
  • Sesudah semua menerima baptisan, semua berlutut, jemaat berdiri dan pendeta menyampaikan berkat dengan penumpangan tangan :
PF : ”Kiranya Tuhan memberkati engkau,
Supaya engkau melihat kebahagiaan seumur hidupmu
Dan melihat anak-anak dari anak-anakmu
Damai sejahtera Allah menyertai engkau dan anak-anakmu
Sekarang dan selama-lamanya .” Amin ! (bdk Mazmur 128:5,6)
JEMAAT : Menyanyi dari KJ 350 : 1
”O berkati kami dan lindungi kami.
Tuhan, b’rilah rahmatMu oleh sinar wajahMu”
  • Setelah menyanyi jemaat duduk.
  • Yang baptis dewasa diangkat satu persatu oleh pendeta,

PEMBACAAN PERNYATAAN (Jemaat duduk, yang baptis dewasa tetap berdiri)

Pdt : Berdasarkan pengakuan iman yang saudara ikrarkan dan baptisan yang telah Saudara terima, kami nyatakan bahwa Saudara dihisabkan menjadi anggota jemaat Gereja Kristen Pasundan dan diperkenankan ambil bagian dalam sakramen Perjamuan Kudus.
PENYERAHAN (yang baru menerima baptisan dewasa dipersilakan menghadap jemaat)
Pdt : jemaat yang dikasihi Tuhan. Kini kami serahkan dia/mereka ke dalam kasih saudara-saudara sebagai anggota yang menjadi satu dengan kita di dalam Tuhan. Terimalah dan sambutlah dia/mereka dengan penuh kasih sebagai anggota persekutuan di dalam Yesus Kristus, sebagaimana Firman Tuhan yang Yesus katakan : Aku memberikan perintah baru padamu, supaya kamu saling mengasihi sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi (Yoh 13:34-35)
(Pendeta kembali ke mimbar bersama dengan Majelis Jemaat; persembahan khusus dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan masing-masing jemaat)
DOA SYUKUR

PADUAN SUARA

PENGAKUAN IMAN (Jemaat berdiri)
Pemimpin : Marilah kita mengucapkan pengakuan kepercayaan kita bersama-sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat.
Bersama : Aku percaya kepada Allah Bapa Yang Mahakuasa/ Khalik langit dan bumi/ dan kepada Yesus Kristus/ Anak-Nya yang tunggal/ Tuhan kita/ yang dikandung dari pada Roh Kudus/ lahir dari anak dara Maria/ yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus/ disalibkan, mati dan dikuburkan/ turun ke dalam kerajaan maut / pada hari yang ketiga/ bangkit pula dari antara orang mati/ naik ke sorga/ duduk di sebelah kanan Allah/ Bapa yang Mahakuasa/ dan akan datang dari sana / untuk menghakimi orang yang hidup dan mati/ Aku percaya kepada Roh Kudus/ Gereja yang kudus dan am/ persekutuan orang kudus/ pengampunan dosa/ kebangkitan daging/ dan hidup yang kekal/ Amin.

PERSEMBAHAN (P)

a. Ayat persembahan dibacakan
b. Sementara persembahan dihimpun jemaat menyanyi dari...........
c. Doa persembahan, jemaat berdiri
WARTA JEMAAT (P) jemaat duduk

DOA SYAFAAT (PF)

(Doa untuk kejadian/pergumulan jemaat/gereja, masyarakat, dan negara, lembaga oikumenis dan dunia, diakhiri dengan doa Bapa kami).
NYANYIAN PENUTUP (PF) jemaat berdiri

PENGUTUSAN DAN BERKAT (PF)

Pdt : Karena itu saudara-saudaraku yang kekasih berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan. Sebab kamu tahu dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. Pulanglah dengan damai dan sejahtera serta terimalah berkat Tuhan : kasih karunia Yesus Kristus dan kasih Allah dan persekutuan dengan Roh Kudus menyertai saudara-saudara sekalian, sekarang dan selama-lamanya”
JEMAAT : Amin....,amin.....,amin....

SAAT TEDUH

Tata Kebaktian Baptisan Anak & Dewasa



TATA KEBAKTIAN SAKRAMEN BAPTISAN ANAK
PERSIAPAN
a. Persiapan pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama :
  • Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik.
  • Pelayan Firman dan anggota Majelis Jemaat memasuki ruangan kebaktian, jemaat bangkit berdiri dan menyanyi KJ/PKJ/Kidung Kabungahan No. …
1. VOTUM DAN SALAM (Jemaat berdiri)
PF : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.
2. NAS PEMBIMBING (Sesuai kalender Gerejawi)
PF : Nas Pembimbing kita pada kebaktian minggu ini diambil dari ……………………………
Lit : Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyi dari …………………….
3. PENGAKUAN DOSA (Jemaat duduk)
P : Marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan, Allah kita.
(……………………Saat Teduh diiringi organ dari KJ : …………………)
Ya Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.
Kami tidak patuh terhadap suara-Mu. Kami tidak berbuat apa yang seharusnya kami perbuat, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendak-Mu.
Tetapi kami tahu ya Bapa, yang penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.
Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya pengganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu demi nama-Nya: Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus, supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu. Amin.
4. NYANYIAN JEMAAT (P)
5. BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN (PF)
PF : Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita :
Dibacakan dari :Yohanes 3:16; atau Mazmur 103:8-14; atau Roma 6:1-4, dll.
Dalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosa kita. Amin.
P: Marilah dengan sukacita kita sambut anugerah yang telah dinyatakan kepada kita dengan menyanyi dari ………………………………
6. HUKUM ALLAH / PETUNJUK HIDUP BARU : (PF)
Dibacakan dari : Keluaran 20:2-17; atau Matius 22:37-40;
Roma 13:8-10; dll. lihat lampiran.
7. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN – (PF)
a. Doa untuk Pembacaan Alkitab
b. Pembacaan Alkitab
Selesai pembacaan :
P F : Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta
memeliharanya di dalam hidupnya. Haleluya ! *
c. KHOTBAH
8. PADUAN SUARA atau NYANYIAN JEMAAT
9. PENGAKUAN IMAN (P) - (Jemaat berdiri)
P : Marilah kita mengucapkan pengakuan kepercayaan kita bersama-
sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat.
J : Aku percaya kepada Allah Bapa yang mahakuasa, Khalik langit
dan bumi.
Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut, pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa, dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus; gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan hidup yang kekal.
Amin.
(Jemaat duduk kembali)

PERSIAPAN PELAYANAN SAKRAMEN BAPTISAN ANAK

Jemaat menyanyi................. / Paduan Suara / VG
PF : Jemaat yang dikasihi Tuhan, sebagaimana telah diberitakan dalam warta jemaat
sesuai dengan TG dan PPTG GKP, maka pada kebaktian minggu ini akan dilakukan Pelayanan Sakramen Baptisan Anak.
Yang akan menerima sakramen Baptisan kudus adalah : .......... anak dari bapak... dan ibu .......... dst.
(dan pada saat ini juga akan turut dilayani sakramen Baptisan bagi : .... anak dari keluarga Bapak .... dan ibu .......... dst. Yang berasal dari Jemaat ......... sesuai dengan permohonan yang telah diterima oleh MJ).
Tuhan kita Yesus Kristus sebelum kenaikanNya ke sorga telah berpesan kepada murid-muridNya : ” KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikan semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadaMu. Dan ketahuilah Aku menyerti kamu senantiasa sampai kepada akhir Jaman.” (Matius 28:18b-20).
Baptisan Kudus mengingatkan, bahwa kita dan anak-anak kita sejak semula adalah orang-orang berdosa. Firman Tuhan memberitakan : ” Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.” (Roma 3 : 10).
Karena itu tidak seorangpun dapat masuk kedalam kerajaan Allah kalau tidak dilahirkan kembali. Hal itu dinyatakan dalam sakramen baptisan yang ditandai pembasuhan dengan air, yang menunjuk kepada pembasuhan dosa-dosa kita dan anak-anak kita oleh darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus didalam hati kita.
Dibaptiskan dalam nama Allah Bapa menyatakan dan memeteraikan kepada kita bahwa Allah Bapa mengadakan perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak kita, Dia hendak mengangkat kita menjadi anak-anakNya dan waris-warisNya.
Dibaptiskan dalam nama Anak, memeteraikan kepada kita bahwa oleh pengorbanan Yesus Kristus, Tuhan menyucikan kita dari segala dosa kita.
Dibaptiskan dalam nama Roh Kudus, memeteraikan kepada kita bahwa Roh Kudus hendak bekerja di dalam hati kita dan mengaruniakan hidup yang baru karena persekutuan dengan Kristus dari hari ke hari.
Sekalipun anak-anak kita belum mengerti baptisan, janganlah kita lalai membaptiskan mereka, karena merekapun terhisap dalam perjanjian anugerahNya dan untuk merekapun Kristus datang ke dunia ini.
Jemaat : Menyanyi ......................................

PERTANYAAN KEPADA ORANG TUA

PF : Sebagai orang beriman dan telah menerima baptisan kudus, saudara-saudara telah mengerti tengtang arti baptisan kudus seperti yang telah kita dengarkan tadi, yaitu sebagai tanda yang memateraikan perjanjian Allah dengan kita dan anak-anak kita. Oleh karena itu sebagai orang tua dan jemaat yang membaptiskan anak-anak, Saudara-saudara bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak tersebut sehingga secara berangsur-angsur mereka mengerti makna baptisan kudus dan pada waktunya dapat menyatakan pengakuan imannya secara pribadi.
Agar menjadi nyata bahwa suadara-saudara bermaksud demikian maka kami persilahkan saudara-saudara menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Selanjutnya kami persilahkan Saudara-saudara berdiri :
1. Apakah saudara percaya bahwa anak-anak saudara ini meskipun dikandung dan diperanakkan dalam dosa, tetapi berdasarkan kasih Allah di dalam Yesus Kristus menerima pengampunan dosa dan masuk ke dalam persekutuan gereja yang kudus.
2. Apakah saudara berjanji akan mendidik anak-anak saudara-saudara ini untuk hidup dalam persekutuan keluarga dan jemaat yang kudus sampai anak-anak saudara ini menyatakan pengakuan iman kepada Yesus Kristus secara pribadi dan hidup dalam ketaatan kepadaNya sesuai dengan isi Alkitab dan mentaati Tata Gereja.
Apakah jawab Saudara............. dan............ (menyebut nama ayah dan/atau ibu)
Orang tua : SAYA PERCAYA DAN BERJANJI (diucapkan bersama-sama oleh orang-tua).
(setelah semua orangtua menjawab, maka pendeta berkata : ”Kiranya Tuhan menolong Saudara-saudara!”

DOA MENGUNDANG ROH KUDUS

(Setelah berdoa Pendeta turun dari mimbar, bersama dengan MJ yang bertugas menuju tempat Pelaksanaan baptisan)
PELAYANAN BAPTISAN (Orang tua dan anak berlutut).
PF : ”...(nama yang dibaptis disebut)....aku baptiskan engkau dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus..... (membacakan nats baptisan, lalu mengucapkan AMIN!.”)
  • Sesudah semua anak menerima baptisan, orangtua dan anak-anak yang menerima baptisan berlutut, jemaat berdiri dan pendeta menyampaikan berkat dengan Penumpangan tangan :
PF: ”Kiranya Tuhan memberkati engkau,
Supaya engkau melihat kebahagiaan seumur hidupmu
Dan melihat anak-anak dari anak-anakmu
Damai sejahtera Allah menyertai engkau dan anak-anakmu
Sekarang dan selama-lamanya .” Amin ! (bdk Mazmur 128:5,6)
JEMAAT : Menyanyi dari KJ 350 : 1
”O berkati kami dan lindungi kami.
Tuhan, b’rilah rahmatMu oleh sinar wajahMu”
  • Setelah menyanyi jemaat duduk.
  • pendeta mengangkat yang berlutut seorang demi seorang
  • P F kembali ke mimbar.

DOA SYUKUR : PF

PERSEMBAHAN (P)

a. Ayat persembahan dibacakan
b. Sementara persembahan dihimpun jemaat menyanyi dari...........
c. Doa persembahan, jemaat berdiri
WARTA JEMAAT (P) - jemaat duduk

DOA SYAFAAT - (PF)

(Doa untuk kejadian/pergumulan jemaat/gereja, masyarakat, dan negara, lembaga oikumenis dan dunia, diakhiri dengan doa Bapa kami).
NYANYIAN PENUTUP jemaat berdiri

PENGUTUSAN DAN BERKAT

PF : Jadi akhirnya, saudara-saudara semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu.
Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu : ” Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Yesus Kristus” (Pilipi 4: 8-9, 7).
JEMAAT : Amin....,amin.....,amin....

SAAT TEDUH

Catatan :
Pertanyaan satu-persatu diajukan oleh pendeta kepada orang tua yang akan membaptiskan anaknya dengan menyebut nama ayah dan ibu. Persembahan syukur dari orang tua diberikan secara khusus pada tempat yang telah disediakan, berdasarkan ketentuan jemaat masing-masing.

TATA KEBAKTIAN SAKRAMEN BAPTISAN DEWASA
PERSIAPAN
a. Persiapan pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama :
  • Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik.
  • Pelayan Firman dan anggota-anggota Majelis Jemaat memasuki ruang kebaktian, jemaat berdiri dan menyanyi (KJ/PKJ/NKB/KK) * No…
1. VOTUM DAN SALAM (Jemaat berdiri)
PF : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.
2. NAS PEMBIMBING (PF) (Sesuai kalender Gerejawi)
Nas Pembimbing kita pada Kebaktian Minggu ini diambil dari : …
Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyi dari (KJ/PKJ/NKB/KK) * No…
3. PENGAKUAN DOSA (P) (Lihat Lampiran) (Jemaat duduk)
P : Marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan, Allah kita.
(……………………Saat Teduh…………………)
Ya Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.
Kami tidak patuh terhadap suara-Mu. Kami tidak berbuat apa yang seharusnya kami perbuat, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendak-Mu.
Tetapi kami tahu ya Bapa, yang penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.
Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya ganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu demi nama-Nya: Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus, supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu. Amin.
4. NYANYIAN JEMAAT (P)
5. BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN (PF)
PF: Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita :
Dibacakan dari Mazmur 103 : 8-14, Roma 6 : 1-4, Yohanes 3 : 16, Roma 8 : 31-39.
Dalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan-Nya hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosanya. Amin.
Jemaat : Menyanyi dari KJ/PKJ/NKB/KK No: .. (P)
6. HUKUM ALLAH/PETUNJUK HIDUP BARU (PF):
Dibacakan dari : (Lihat lampiran)
7. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN (PF)
- Doa untuk Pembacaan Alkitab
- Pembacaan Alkitab
Selesai pembacaan :
PF : Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta memeliharanya di dalam hidupnya. Haleluya
J : Menyanyi Kidung Jemaat 473 a
5 5 / 6 5 ‘ 1 1 / 2 1 ‘ 4 4 / 3 2 1 2 / 1 . //
Ha – le – lu – ya, ha – le – lu – ya, ha – le – lu - ya !
C. Khotbah
8. PERSIAPAN PELAYANAN BAPTISAN KUDUS DEWASA
Jemaat menyanyi................. / Paduan Suara / VG
PF : Jemaat yang dikasihi Tuhan, sebagaimana telah diberitakan dalam warta jemaat
sesuai dengan TG GKP, maka pada kebaktian minggu ini akan dilakukan Pelayanan Sakramen Baptisan Dewasa.
Yang akan menerima sakramen Baptisan Kudus adalah : .......... ......... dst.
Tuhan kita Yesus Kristus sebelum kenaikanNya ke sorga telah berpesan kepada murid-muridNya : ” KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadaMu. Dan ketahuilah Aku menyerti kamu senantiasa sampai kepada akhir Jaman.” (Matius 28:18b-20).
Baptisan Kudus mengingatkan, bahwa kita dan anak-anak kita sejak semula adalah orang-orang berdosa. Firman Tuhan memberitakan : ” Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.” (Roma 3 : 10).
Karena itu tidak seorangpun dapat masuk kedalam kerajaan Allah kalau tidak dilahirkan kembali. Hal itu dinyatakan dalam sakramen baptisan yang ditandai pembasuhan dengan air, yang menunjuk kepada pembasuhan dosa-dosa kita dan anak-anak kita oleh darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus didalam hati kita.
Dibaptiskan dengan nama Bapa menyatakan dan memeteraikan kepada kita bahwa Allah Bapa mengadakan perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak kita, Dia hendak mengangkat kita menjadi anak-anakNya dan waris-warisNya.
Dibaptiskan dengan nama Anak, memateraikan kepada kita bahwa oleh pengorbanan Yesus Kristus, Tuhan menyucikan kita dari segala dosa kita.
Dibaptiskan dengan nama Roh Kudus, memateraikan kepada kita bahwa Roh Kudus hendak diam di dalam hati kita dan mengaruniakn hidup yang baru karena persekutuan dengan kristus dari hari ke hari.

9. NYANYIAN JEMAAT (PF)

10. PERTANYAAN KEPADA YANG AKAN MENERIMA BAPTISAN

PF : Setelah melaksanakan pembinaan melalui katekisasi dan mengadakan percakapan dengan calon baptis dewasa, maka Majelis Jemaat menyatakan bahwa mereka telah siap untuk menyatakan iman mereka dengan mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli secara pribadi dan menerima sakramen baptisan kudus. Oleh karena itu kepada Saudara-saudara tersebut dipersilahkan berdiri untuk menyatakan pengakuan iman :
Calon Baptis Dewasa : (Bersama-sama menyatakan pengakuan iman rasuli)
..........................................................................................
PF : Selanjutnya saudara-saudara dipersilahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
  1. Apakah saudara menerima panggilan Allah di dalam Kristus untuk dengan karuniaNya melawan dosa dan iblis serta mengikuti juru selamatmu dalam seluruh kehidupanmu, serta mengakui Dia di hadapan manusia dan bertekun bekerja dalam kerajaanNya?
  2. Apakah saudara dalam persekutuan Gereja Kristen Yang Esa bersedia mengambil bagian dalam pelayanan Firman dan Sakramen, bertekun di dalam doa dan dalam membaca Alkitab, serta turut membantu pekerjaan jemaat Kristus di mana pun Saudara berada menurut daya kekuatan saudara?
Apakah jawab saudara.......? (Nama calon Baptis disebutkan)
Calon baptis: ”Ya dengan segenap hati ” ?
PF : Kiranya Tuhan menolong Saudara-Saudara
(Pendeta turun dari mimbar, didampingi oleh Majelis Jemaat yang bertugas)

11. PELAYANAN BAPTISAN

(Bergantian yang akan menerima palayanan baptisan berlutut di tempat yang disediakan)
PF : .......................... (nama yang dibaptiskan disebut)...,
” aku baptiskan engkau dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus .... (pendeta membacakan ayat baptisan, lalu mengakhirinya dengan AMIN!”

BERKAT DENGAN PENUMPANGAN TANGAN

(Jemaat Berdiri, yang menerima pelayanan Baptisan berlutut bersama-sama)
Pendeta : ”Semoga Allah Damai Sejahtera menguduskan kamu sekalian dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya. AMIN!” (bdk 1 Tes 5:23-24)
Nyanyian Jemaat : menyanyikan Mazmur 134 : 3
”Kiranya khalik dunia, Allahmu beranugerah, bri dari Sion yang teguh,
berkatNya pada jalanmu.”
atau KJ 350 : 1
”O berkati kami dan lindungi kami.
Tuhan, b’rilah rahmatMu oleh sinar wajahMu”
PERNYATAAN (Jemaat duduk, yang baru dibaptis diangkat seorang demi seorang oleh pendeta dan menghadap Jemaat)
PF: Berdasarkan pengakuan iman dan baptisan yang telah Saudara-saudara terima, kami nyatakan Saudara-saudara menjadi anggota tubuh Kristus dalam persekutuan Gereja Kristus yang Esa, sesuai dengan status keanggotaan Saudara; serta berhak menerima pelayanan Sakramen Perjamuan Kudus.
PENYERAHAN (yang baru menerima baptisan, menghadap Jemaat)
PF : Jemaat yang dikasihi Tuhan,
Berdasarkan pernyataan yang telah kita dengar bersama, kini kami serahkan dia/mereka ke dalam kasih saudara-saudara sebagai anggota yang menjadi satu dengan kita di dalam Tuhan Yesus Kristus. Terimalah dan sambutlah mereka dengan melakukan Firman Tuhan seperti yang Tuhan Yesus Kristus katakan: ”Aku memberikan perintah baru kepadamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi (Yohanes 13:34-35).
(Pendeta kembali ke mimbar, persembahan khusus dari yang menerima baptisan dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan jemaat)
12. DOA SYUKUR
13. PENGAKUAN IMAN (jemaat berdiri)
P: Marilah kita mengucapkan pengakuan kepercayaan kita bersama-sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat.
B : Aku percaya kepada Allah Bapa yang mahakuasa, Khalik langit dan bumi.
Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut, pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa, dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus; gereja yang kudus dan am; persekutuan orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan hidup yang kekal. Amin.
(Jemaat duduk kembali)
14. PERSEMBAHAN (P)
a. Majelis Jemaat membacakan ayat Alkitab pengantar persembahan dari:
(lihat lampiran)
b. Persembahan dilakukan dengan tenang, tanpa diiringi nyanyian Jemaat
c. Doa Penyerahan Persembahan (Jemaat berdiri)
d. Selesai berdoa Jemaat menyanyi dari : (KJ/PKJ/NKB/KK) * No…
15. WARTA JEMAAT (Jemaat duduk)
16. DOA SYAFAAT
Pemimpin : Pokok doa : kehidupan Jemaat, Klasis, Sinode, Lembaga
Oikumenis, masyarakat, bangsa, negara dan dunia.
Di akhir doa, Pelayan mengucapkan : “seluruh doa ini kami naikkan dalam nama Yesus Kristus. Pada kesempatan ini kami juga ingin berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Tuhan Yesus…..” ( bersama Jemaat mengucapkan Doa Bapa Kami).
Bersama-sama :
Bapa kami yang ada di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.
16. NYANYIAN PENUTUP (PF) dari (KJ/PKJ/NKB/KK) * No… (Jemaat berdiri)
17. BERKAT
P : Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus dan kasih Allah dan
persekutuan Roh Kudus, menyertai saudara-saudara.
J : 1 . 2 3 / 4 . 3 . ‘ / 2 . 1 . ‘ / 4 . 2 . / 1 . . . //
A - - - - - - - --- - min, a - min, a - - - - min.
***
TATA KEBAKTIAN
SAKRAMEN BAPTISAN DEWASA
PERSIAPAN
a. Persiapan pribadi (berdoa dalam saat teduh)
b. Persiapan bersama :
  • Sementara Majelis Jemaat mempersiapkan pelayanan, dilakukan permainan organ atau paduan suara atau permainan musik.
  • Pelayan Firman dan anggota Majelis Jemaat memasuki ruangan kebaktian, jemaat bangkit berdiri dan menyanyi KJ/PKJ/Kidung Kabungahan No. …
1. VOTUM DAN SALAM (Jemaat berdiri)
PF : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai saudara-saudara.
J : Amin.
2. NAS PEMBIMBING (PF) (Sesuai kalender Gerejawi)
PF : Nas Pembimbing kita pada kebaktian minggu ini diambil dari ……………………………
P : Mari kita sambut Firman Tuhan dengan menyanyi dari …………………….
3. PENGAKUAN DOSA (P)(Jemaat duduk)
P : Marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan, Allah kita.
(……………………Saat Teduh diiringi organ dari KJ : …………………)
Ya Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, kami merendahkan diri di hadapanMu dan mengaku bahwa kami adalah orang-orang berdosa, seperti domba yang sesat, yang berjalan menurut keinginan kami sendiri.
Kami tidak patuh terhadap suara-Mu. Kami tidak berbuat apa yang seharusnya kami perbuat, tetapi kami melakukan apa yang Tuhan larang. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan kehendak-Mu.
Tetapi kami tahu ya Bapa, yang penyayang, bahwa Engkau tidak menghendaki kematian orang berdosa, tetapi supaya ia bertobat dan hidup.
Sebab itu dengan percaya kepada Yesus Kristus, Gembala yang baik, yang telah menyerahkan nyawa-Nya pengganti segala domba, kami berseru dan memohon kepada-Mu dalam nama-Nya: Ampunilah segala dosa kami dan kuatkanlah kami oleh Roh Kudus, supaya kami dapat hidup menurut Firman-Mu. Amin.
4. NYANYIAN JEMAAT (P)
5. BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN (PF)
PF : Dengarlah Firman Tuhan yang berkenan mengampuni dosa kita :
Dibacakan dari :Yohanes 3:16; atau Mazmur 103:8-14; atau Roma 6:1-4, dll.
Dalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus, kami beritakan kepada saudara-saudara yang dengan tulus ikhlas mengaku dosa di hadirat Allah, serta mencari keselamatan-Nya hanya kepada Yesus Kristus, bahwa Allah mengampuni dosa kita. Amin.
P : Marilah dengan sukacita kita sambut anugerah yang telah dinyatakan kepada kita dengan menyanyi dari ………………………………
6. HUKUM ALLAH / PETUNJUK HIDUP BARU (PF) :
Dibacakan dari : Keluaran 20:2-17; atau Matius 22:37-40;
Roma 13:8-10; dll. lihat lampiran.
7. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN (PF)
a. Doa untuk Pembacaan Alkitab
b. Pembacaan lkitab
Selesai pembacaan :
P F : Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya. (Lukas 11:28). Haleluya/Hosiana/Maranatha!
c. KHOTBAH
8. PADUAN SUARA atau NYANYIAN JEMAAT

9. PERSIAPAN PELAYANAN SAKRAMEN BAPTISAN

Jemaat menyanyi................. / Paduan Suara / VG
10. PENGANTAR
Pdt : Jemaat yang dikasihi Tuhan, sebagaimana telah diberitakan dalam warta jemaat
sesuai dengan TG dan PPTG GKP, maka pada kebaktian minggu ini akan dilakukan Pelayanan Sakramen Baptisan Dewasa.
Yang akan menerima sakramen Baptisan kudus adalah : .......... anak dari bapak... dan ibu .......... dst.
(dan pada saat ini juga akan turut dilayani sakramen Baptisan bagi : .... anak dari keluarga Bapak .... dan ibu .......... dst. Yang berasal dari Jemaat ......... sesuai dengan permohonan yang telah diterima oleh MJ).
Tuhan kita Yesus Kristus sebelum kenaikanNya ke sorga telah berpesan kepada murid-muridNya : ” KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikan semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadaMu. Dan ketahuilah Aku menyerti kamu senantiasa sampai kepada akhir Jaman.” (Matius 28:18b-20).
Baptisan Kudus mengingatkan, bahwa kita dan anak-anak kita sejak semula adalah orang-orang berdosa. Firman Tuhan memberitakan : ” Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.” (Roma 3 : 10).
Karena itu tidak seorangpun dapat masuk kedalam kerajaan Allah kalau tidak dilahirkan kembali. Hal itu dinyatakan dalam sakramen baptisan yang ditandai pembasuhan dengan air, yang menunjuk kepada pembasuhan dosa-dosa kita dan anak-anak kita oleh darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus didalam hati kita.
Dibaptiskan dalam nama Allah Bapa menyatakan dan memeteraikan kepada kita bahwa Allah Bapa mengadakan perjanjian anugerah yang kekal dengan kita dan anak-anak kita, Dia hendak mengangkat kita menjadi anak-anakNya dan waris-warisNya.
Dibaptiskan dalam nama Anak, memeteraikan kepada kita bahwa oleh pengorbanan Yesus Kristus, Tuhan menyucikan kita dari segala dosa kita.
Dibaptiskan dalam nama Roh Kudus, memeteraikan kepada kita bahwa Roh Kudus hendak bekerja di dalam hati kita dan mengaruniakan hidup yang baru karena persekutuan dengan Kristus dari hari ke hari.
Sekalipun anak-anak kita belum mengerti baptisan, janganlah kita lalai membaptiskan mereka, karena merekapun mendapat bagian dalam perjanjian anugerahNya dan untuk merekapun Kristus datang ke dunia ini.
11. NYANYIAN JEMAAT

12. PENGUCAPAN PENGAKUAN IMAN

Pdt : Saudara-saudara yang akan menerima sakramen Baptis Dewasa dipersilakan terlebih dahulu mengikrarkan Pengakuan Iman Saudara-saudara. Untuk itu saya persilahkan Saudara-saudara berdiri (Mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli....)
(Jika Pengakuan Iman tidak memungkinkan untuk diucapkan, dapat diganti dengan pertanyaan sebagai berikut) :
Apakah Saudara mengaku percaya kepada allah Bapa, Yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi dan kepadaYesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita dan kepada Roh Kudus?
Yang akan dibaptis dewasa menjawab : ”Saya Percaya!”
13. PERTANYAAN KEPADA YANG AKAN BAPTIS DEWASA
Pdt: Selanjutnya kepada Saudara-saudara dipersilakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
    1. Apakah Saudara menerima panggilan Allah di dalam Kristus untuk dengan karuniaNya melawan dosa dan Iblis serta mengikut Juruselamat dalam kehidupanmu dan mengakui Dia di hadapan manusia serta bertekun bekerja dalam Kerajaan-Nya?
    2. Apakah dalam persekutuan Gereja Kristen yang Esa, Saudara bersedia mengambil bagian dalam pelayanan Firman dan Sakramen, bertekun di dalam doa dan dalam pembacaan Alkitab serta turut membantu pekerjaan Jemaat Kristus di mana pun Saudara berada, menurut daya dan kekuatan Saudara?
Apakah Jawab Saudara (nama calon Baptis Dewasa disebutkan)?
Calon : ”Saya Percaya dan Berjanji!
(Setelah semua calon menjawab)
Pdt : ”Kiranya Tuhan menolong Saudara-saudara.”
(Pendeta mempersilahkan yang telah mengaku iman untuk duduk kembali)

NYANYIAN JEMAAT (PF)

DOA MENGUNDANG ROH KUDUS

Pdt : Saudara-saudara mari kita berdoa :
”Bapa kami dalam sorga, Allah yang kekal dan setia. Engkau telah mendengar janji dan pengakuan iman yang telah saudara-saudara kami ini ucapkan. Berkatilah dan mampukanlah mereka agar mereka hidup sesuai dengan janji mereka. Terimalah mereka dalam anugerahMu. Kuduskanlah mereka dalam persekutuan-Mu. Kiranya Tuhan sendiri berkenan menumpangkan tangan ke atas mereka agar Roh Kudus bekerja memimpin, memelihara dan memberkati mereka. Supaya mereka hidup benar di hadapan Allah dan manusia. Amin.
(Pendeta turun dari mimbar didampingi Majelis Jemaat yang bertugas menuju tempat baptisan)
PELAYANAN BAPTISAN (Bagi yang dibaptis dewasa diharap maju ke depan dan berlutut).
Pdt : ”...(nama yang dibaptis disebut)....aku baptiskan engkau dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. (membacakan ayat baptisan dan mengakhirinya dengan AMIN!’
  • Sesudah semua menerima baptisan, semua berlutut, jemaat berdiri dan pendeta menyampaikan berkat dengan penumpangan tangan :
PF : ”Kiranya Tuhan memberkati engkau,
Supaya engkau melihat kebahagiaan seumur hidupmu
Dan melihat anak-anak dari anak-anakmu
Damai sejahtera Allah menyertai engkau dan anak-anakmu
Sekarang dan selama-lamanya .” Amin ! (bdk Mazmur 128:5,6)
JEMAAT : Menyanyi dari KJ 350 : 1
”O berkati kami dan lindungi kami.
Tuhan, b’rilah rahmatMu oleh sinar wajahMu”
  • Setelah menyanyi jemaat duduk.
  • Yang baptis dewasa diangkat satu persatu oleh pendeta,

PEMBACAAN PERNYATAAN (Jemaat duduk, yang baptis dewasa tetap berdiri)

Pdt : Berdasarkan pengakuan iman yang saudara ikrarkan dan baptisan yang telah Saudara terima, kami nyatakan bahwa Saudara dihisabkan menjadi anggota jemaat Gereja Kristen Pasundan dan diperkenankan ambil bagian dalam sakramen Perjamuan Kudus.
PENYERAHAN (yang baru menerima baptisan dewasa dipersilakan menghadap jemaat)
Pdt : jemaat yang dikasihi Tuhan. Kini kami serahkan dia/mereka ke dalam kasih saudara-saudara sebagai anggota yang menjadi satu dengan kita di dalam Tuhan. Terimalah dan sambutlah dia/mereka dengan penuh kasih sebagai anggota persekutuan di dalam Yesus Kristus, sebagaimana Firman Tuhan yang Yesus katakan : Aku memberikan perintah baru padamu, supaya kamu saling mengasihi sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi (Yoh 13:34-35)
(Pendeta kembali ke mimbar bersama dengan Majelis Jemaat; persembahan khusus dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan masing-masing jemaat)
DOA SYUKUR

PADUAN SUARA

PENGAKUAN IMAN (Jemaat berdiri)
Pemimpin : Marilah kita mengucapkan pengakuan kepercayaan kita bersama-sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat.
Bersama : Aku percaya kepada Allah Bapa Yang Mahakuasa/ Khalik langit dan bumi/ dan kepada Yesus Kristus/ Anak-Nya yang tunggal/ Tuhan kita/ yang dikandung dari pada Roh Kudus/ lahir dari anak dara Maria/ yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus/ disalibkan, mati dan dikuburkan/ turun ke dalam kerajaan maut / pada hari yang ketiga/ bangkit pula dari antara orang mati/ naik ke sorga/ duduk di sebelah kanan Allah/ Bapa yang Mahakuasa/ dan akan datang dari sana / untuk menghakimi orang yang hidup dan mati/ Aku percaya kepada Roh Kudus/ Gereja yang kudus dan am/ persekutuan orang kudus/ pengampunan dosa/ kebangkitan daging/ dan hidup yang kekal/ Amin.

PERSEMBAHAN (P)

a. Ayat persembahan dibacakan
b. Sementara persembahan dihimpun jemaat menyanyi dari...........
c. Doa persembahan, jemaat berdiri
WARTA JEMAAT (P) jemaat duduk

DOA SYAFAAT (PF)

(Doa untuk kejadian/pergumulan jemaat/gereja, masyarakat, dan negara, lembaga oikumenis dan dunia, diakhiri dengan doa Bapa kami).
NYANYIAN PENUTUP (PF) jemaat berdiri

PENGUTUSAN DAN BERKAT (PF)

Pdt : Karena itu saudara-saudaraku yang kekasih berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan. Sebab kamu tahu dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. Pulanglah dengan damai dan sejahtera serta terimalah berkat Tuhan : kasih karunia Yesus Kristus dan kasih Allah dan persekutuan dengan Roh Kudus menyertai saudara-saudara sekalian, sekarang dan selama-lamanya”
JEMAAT : Amin....,amin.....,amin....

SAAT TEDUH

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER