Mazmur 1 | Pergaulan VS Persekutuan - Pdt. Gerry Atje

    Social Items

Pergaulan VS Persekutuan
Mazmur 1


Waktu saya dengar temanya adalah "Pergaulan VS Persekutuan" ... langsung kepikiran: kok harus di versusin gitu ya??? (mangnya liga champions??) .. Bukannya lebih enak kalau temanya itu "Pergaulan & Persekutuan" ???

Lagian kan kita butuh dua-duanya .. Kita butuh gaul dan kita juga butuh yang namanya bersekutu, benerkan .. iya kan.

Tapi setelah direnung-renungkan lagi ... ada benarnya juga kalau tema kita hari ini bilang bahwa Pergaulan Versus Persekutuan, karena faktanya ada saat-saat di mana seseorang kadangkala bingung memilih mau mengutamakan yang mana? Gaul? Atau bersekutu?

Dan biasanya yang harus ngalah yang mana?? Pergaulan!!
Wah .. mantabs banget kalau ini beneran mah ..

Coba aja kita cek ya .. lebih keren yang mana kedengerannya kalau ditanya teman kampus:
"Mau ke mana nih malam mingguannya??"
- Mau jalan dong ke MOI sama doi!
- Mau latihan Paduan Suara dong di gereja bareng ibu-ibu!

Saya mau ajak kita nge-games sekarang,

IKUT AKU AJAH!!

Kita buat 2 kelompok ya .. yang satu meyakinkan teman kita yang namanya mas John ini untuk pergi bersekutu, kelompok yang lain harus bisa meyakinkan mas John untuk gak usah bersekutu mendingan gaul aja!

Mas John
- Kuliah, Semester 2
- hari Jumat, mau longweekend ..
- ajakan: Touring ke Puncak berangkat Jumat sampai Minggu malam
- Kegiatan: Jumat sore ada PMK, Sabtu malam ada Kebaktian Pemuda di gereja, Minggu ngajar sekolah minggu di gereja
Tugas dua kelompok tadi: yakinkan mas John untuk memilih yang mana ...

***

Dalam kehidupan kita sebagai orang muda .. kita berhadapan dengan hal-hal yang seperti itu kan ... Kebutuhan untuk bergaul mengalahkan, kadang-kadang, kebutuhan kita untuk bersekutu!

Padahal kita butuh dua-duanya .. Minimal seimbanglah ya ... waktunya gaul ya kita gaul, waktunya ibadah ya kita ibadah ... Gak juga harus lemot juga dalam pergaulan kan (Ya besok kirim aja via FB ya ... Oke, btw FB apaan ya??) atau lemot dalam persekutuan juga kan (Sodom dan Gomora itu mereka saudaraan kan ya??)

Mazmur 1:1-3
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Kabar buruknya ...
Tidak semua pergaulan yang ditawarkan kepada kita itu membawa kebaikan untuk diri kita!

Amsal 13:20

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak,
tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.
Gaul dengan orang bijak ... Menjadi bijak
Gaul dengan orang bebal ... Menjadi malang

Ada pergaulan-pergaulan yang bisa menghancurkan diri kita sendiri ternyata (ada yang mau share tentang contohnya???)

Makanya, Mazmur 1 mengingatkan kepada kita sekalian ..
Hati-hatilah kalau

BERJALAN - BERDIRI - DUDUK !!!

Salah jalan, salah berdiri, salah tongkrongan .. Bisa berabe kitanya!
Awalnya cuma "berjalan" ...
lalu mulai tertarik kita mulai "berdiri" ...
menjadi semakin tertarik lagi dan kita pun mulai "nongkrongin dah di situ" ...

I Korintus 15:33
Janganlah kamu sesat:
Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Teliti pergaulan kita!
Apakah kita menjadi orang yang lebih baik lagi ketika kita bergaul atau sebaliknya??? Hal-hal baik yang ada di dalam diri kita malah menjadi hilang lenyap karena kebawa sama pergaulan kita yang "tidak tepat" itu ... Jadinya kita rugi ...

Bayangkan kalau kita punya pergaulan yang baik ...
Kita jadi orang yang lebih baik, dan kita juga menyediakan waktu untuk bersekutu bersama-sama dengan Tuhan dan saudara seiman kita ...

Berapa lama sih kita waktunya untuk bersekutu dalam ibadah???
paling lama juga 2 jam kan ... Tapi manfaatnya ... Hmmmm jangan ditanya!

Berkat-Nya diberikan kepada kita!
"Seperti pohon di tepian air!" ..
kurang apalagi kalau pohon sudah ada di tepian air ...

Butuh air supaya subur? Tersedia!
Butuh kekuatan? Tuhan nyatakan!
Sewaktu kita sedih? Tuhan hibur!
Gak yakin? Tuhan yang meneguhkan kita!

Bukankah itu semua belum tentu disediakan oleh pergaulan kita di dunia??

Mazmur 1 | Pergaulan VS Persekutuan

Pergaulan VS Persekutuan
Mazmur 1


Waktu saya dengar temanya adalah "Pergaulan VS Persekutuan" ... langsung kepikiran: kok harus di versusin gitu ya??? (mangnya liga champions??) .. Bukannya lebih enak kalau temanya itu "Pergaulan & Persekutuan" ???

Lagian kan kita butuh dua-duanya .. Kita butuh gaul dan kita juga butuh yang namanya bersekutu, benerkan .. iya kan.

Tapi setelah direnung-renungkan lagi ... ada benarnya juga kalau tema kita hari ini bilang bahwa Pergaulan Versus Persekutuan, karena faktanya ada saat-saat di mana seseorang kadangkala bingung memilih mau mengutamakan yang mana? Gaul? Atau bersekutu?

Dan biasanya yang harus ngalah yang mana?? Pergaulan!!
Wah .. mantabs banget kalau ini beneran mah ..

Coba aja kita cek ya .. lebih keren yang mana kedengerannya kalau ditanya teman kampus:
"Mau ke mana nih malam mingguannya??"
- Mau jalan dong ke MOI sama doi!
- Mau latihan Paduan Suara dong di gereja bareng ibu-ibu!

Saya mau ajak kita nge-games sekarang,

IKUT AKU AJAH!!

Kita buat 2 kelompok ya .. yang satu meyakinkan teman kita yang namanya mas John ini untuk pergi bersekutu, kelompok yang lain harus bisa meyakinkan mas John untuk gak usah bersekutu mendingan gaul aja!

Mas John
- Kuliah, Semester 2
- hari Jumat, mau longweekend ..
- ajakan: Touring ke Puncak berangkat Jumat sampai Minggu malam
- Kegiatan: Jumat sore ada PMK, Sabtu malam ada Kebaktian Pemuda di gereja, Minggu ngajar sekolah minggu di gereja
Tugas dua kelompok tadi: yakinkan mas John untuk memilih yang mana ...

***

Dalam kehidupan kita sebagai orang muda .. kita berhadapan dengan hal-hal yang seperti itu kan ... Kebutuhan untuk bergaul mengalahkan, kadang-kadang, kebutuhan kita untuk bersekutu!

Padahal kita butuh dua-duanya .. Minimal seimbanglah ya ... waktunya gaul ya kita gaul, waktunya ibadah ya kita ibadah ... Gak juga harus lemot juga dalam pergaulan kan (Ya besok kirim aja via FB ya ... Oke, btw FB apaan ya??) atau lemot dalam persekutuan juga kan (Sodom dan Gomora itu mereka saudaraan kan ya??)

Mazmur 1:1-3
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Kabar buruknya ...
Tidak semua pergaulan yang ditawarkan kepada kita itu membawa kebaikan untuk diri kita!

Amsal 13:20

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak,
tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.
Gaul dengan orang bijak ... Menjadi bijak
Gaul dengan orang bebal ... Menjadi malang

Ada pergaulan-pergaulan yang bisa menghancurkan diri kita sendiri ternyata (ada yang mau share tentang contohnya???)

Makanya, Mazmur 1 mengingatkan kepada kita sekalian ..
Hati-hatilah kalau

BERJALAN - BERDIRI - DUDUK !!!

Salah jalan, salah berdiri, salah tongkrongan .. Bisa berabe kitanya!
Awalnya cuma "berjalan" ...
lalu mulai tertarik kita mulai "berdiri" ...
menjadi semakin tertarik lagi dan kita pun mulai "nongkrongin dah di situ" ...

I Korintus 15:33
Janganlah kamu sesat:
Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Teliti pergaulan kita!
Apakah kita menjadi orang yang lebih baik lagi ketika kita bergaul atau sebaliknya??? Hal-hal baik yang ada di dalam diri kita malah menjadi hilang lenyap karena kebawa sama pergaulan kita yang "tidak tepat" itu ... Jadinya kita rugi ...

Bayangkan kalau kita punya pergaulan yang baik ...
Kita jadi orang yang lebih baik, dan kita juga menyediakan waktu untuk bersekutu bersama-sama dengan Tuhan dan saudara seiman kita ...

Berapa lama sih kita waktunya untuk bersekutu dalam ibadah???
paling lama juga 2 jam kan ... Tapi manfaatnya ... Hmmmm jangan ditanya!

Berkat-Nya diberikan kepada kita!
"Seperti pohon di tepian air!" ..
kurang apalagi kalau pohon sudah ada di tepian air ...

Butuh air supaya subur? Tersedia!
Butuh kekuatan? Tuhan nyatakan!
Sewaktu kita sedih? Tuhan hibur!
Gak yakin? Tuhan yang meneguhkan kita!

Bukankah itu semua belum tentu disediakan oleh pergaulan kita di dunia??

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER