Pergumulan - Pdt. Gerry Atje

    Social Items

pergumulan
Makna Pergumulan

Kadang, Allah memunculkan kesulitan-kesulitan dalam jalan umat-Nya sehingga Dia memperoleh kemuliaan ketika menaklukkan kesulitan-kesulitan itu dan menolong umat-Nya untuk mengatasinya.
Matthew Henry

Ketakutan membuat mereka berdoa, dan itulah sisi baiknya. Allah membawa kita pada kesulitan sehingga Dia dapat membawa kita untuk berlutut dalam doa.
Matthew Henry

Aku tahu Dia mencobaiku hanya untuk meningkatkan imanku.
J. Hudson Taylor

Sebelum seorang petani menanam di sawah, ia membajaknya dahulu. Setelah membajak, sawah itu hanya tampak seperti hamparan luas dari adukan kotor. Nampaknya lebih kacau daripada sebelum dibajak. Akan tetapi, itulah satu-satunya cara agar benih bisa berakar.
Claire & Curt Cloninger, E-mail dari Tuhan, 239

Kesukaran yang kita jumpai dalam menempuh tujuan merupakan jalan terdekat ke arah tujuan itu.
Kahlil Gibran

Jika Tuhan ingin memberi Anda sesuatu yang berharga, bagaimanakah Ia melakukannya? Apakah Ia membungkusnya dalam kemasan yang mewah dan canggih dan menyerahkannya kepada Anda di atas piring perak? Tidak. Ia terlalu bijaksana untuk itu. Lebih mungkin Tuhan membenamkannya pada inti dari masalah yang sulit dan besar dan menyaksikan dengan penuh harap untuk melihat apakah Anda mempunyai apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut dan menemukan pada intinya apa yang mungkin disebut mutiara yang amat berharga.
Norman V. Peale, Anda Pasti Bisa Bila Anda Pikir Bisa, 15

Seseorang dapat menanggapi penderitaan seperti sebutir telus atau sebutir kentang. Sebutir kentang masuk ke dalam air mendidih dalam keadaan keras, tetapi keluar dalam keadaan lunak. Sedangkan sebutir telur masuk ke dalam air mendidih dalam keadaan lunak dan keluar dalam keadaan keras.
Anonim

Kalau saya diberitahu bahwa saya akan melakukan perjalanan yang berbahaya, setiap guncangan di sepanjang jalan itu mengingatkan saya bahwa saya berada di jalan yang benar.
F. B. Meyer

Allah takkan membiarkan sesuatu masalah pun terjadi pada kita kecuali Ia memiliki rencana spesifik di mana akan kita peroleh berkat dari kesulitan tersebut.
Peter Marshal

Ketika (bukan kalau) kesulitan dan masalah mendatangi Anda, ingat bahwa satu-satunya jalan menuju puncak gunung adalah melalui lembah.
Zig Ziglar, Something Else to Smile About, 287

Jika Anda sedang mengalami penderitaan sekarang, jangan bertanya, “Mengapa aku?” Tetapi bertanyalah, “Apa yang Engkau ingin agar aku pelajari?” Kemudian percayailah Allah dan tetap melakukan apa yang benar. Jangan menyerah, bertumbuhlah!
Rick Warren, The Purpose Driven Life, 220

Hampir segala pengalaman yang tampaknya negatif itu bisa diubah menjadi positif. Seberapa seringkah Anda mengatakan, “Suatu hari kelak mungkin saya akan menengok ke belakang dan menertawakan hal ini”. Mengapa tidak menengok ke belakang dan menertawakannya sekarang? Semuanya hanyalah soal perspektif.
Anthony Robbins, Unlimited Power, 330

Kadang kala sesuatu yang buruk terjadi atas kehidupan kita. Pada akhirnya kita dapat menanggulanginya dan kemudian hal itu terjadi lagi. Dan lagi ... Dan lagi ... Dan akhirnya kita berkata, “Tuhan, ada apa ini? Mengapa hal ini terus terjadi padaku?” Jawaban-Nya sederhana: “Segera setelah kamu belajar apa yang sedang Aku upayakan untuk mengajar kamu, kita akan melanjutkan dengan pelajaran selanjutnya. Sementara ini, kamu harus terus mengupayakan hal itu.”
T. F. Tenney, More Power To You, 25

Apa falsafah Anda tentang masalah? “Sesungguhnya saya berterima kasih atas semua masalah saya. Begitu setiap masalah teratasi, saya menjadi semakin kuat dan lebih mampu menghadapi masalah-masalah yang masih akan muncul. Saya tumbuh di atas kesulitan saya.
Norman V. Peale, 6 Sikap Pemenang, 1

When written in Chinese the word crisis is composed of two characters. One represents danger and the other represents opportunity.
John F. Kennedy

Akar Pergumulan

Masalah manusia timbul dari fakta bahwa dia tidak hanya tersesat jalannya, tetapi juga kehilangan alamatnya.
Nicolas Bardyaez

Kita melihat masalah kita berdasarkan tiga hal: pengalaman di masa lalu, lingkungan sekarang dan penilaian pribadi.
John C. Maxwell, Be All That Can You Be, 181

Alasan mengapa begitu banyak dari kita yang tertekan, tegang, bingung dan gelisah adalah kita tidak pernah menguasai seni hidup sehari demi sehari. Secara fisik kita memang hidup dari hari ke hari, kita tidak bisa tidak harus begitu. Namun secara mental, kita hidup dalam tiga masa sekaligus: masa lalu, masa kini dan masa depan. Beban hari esok ditambah dengan beban hari kemarin ditambah lagi dengan beban yang dibawa hari ini menghasilkan kita menjalani kehidupan dengan sangat terhuyung-huyung.
William M. Elliot Jr.

Mengalahkan Pergumulan

Ketika Anda berada di tempat yang sulit, sadarilah bahwa Allah telah menempatkan Anda di tempat itu, atau mengizinkan Anda untuk berada di sana, dengan alasan yang mungkin hanya diketahui oleh Allah sendiri. Allah yang sama yang telah membimbing Anda masuk, akan membimbing Anda keluar.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 19

Allah menandai beberapa hari kita, “Akan dijelaskan kelak”.
Vance Havner

Dia tahu jalan yang diambil-Nya, meskipun saat itu kita tidak tahu.
J. I. Packer

Bagi anak Allah, tidak ada yang namanya kebetulan. Dia melewati jalan yang telah ditentukan. Kebetulan yang buruk mungkin saja menimpa seseorang, dan kemalangan mungkin menghadang di jalannya. Akan tetapii kemalangan ini akan nampak begitu besar hanya karena kita tak dapat membaca naskah rahasia dari pemeliharaan Allah.
A.W. Tozer

Allah suka dengan perkara-perkara yang mustahil.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 85

Allah tidak akan selalu membebaskan kita dari masalah-masalah kita dengan cara yang kita ingin agar Allah lakukan. Dia melakukan dengan cara-Nya sendiri, tetapi dalam jangka panjang, cara-Nya itu selalu yang terbaik, dan itu selalu membuahkan pujian bagi Allah.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 48

Dalam waktu-waktu kesulitan yang besar dan pengharapan yang besar, adalah bijaksana jika kita tetap tenang, diam dan sabar. Karena dengan demikian kita akan menempatkan diri dalam keadaan yang paling sesuai untuk melakukan tugas kita sendiri dan mengizinkan Allah bekerja.
Matthew Henry

Walaupun ada banyak alasan yang bagus untuk merasa takut, masih ada alasan yang lebih baik untuk tetap merasa yakin.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 89

Allah tidak pernah langsung memberi pimpinan untuk dua langkah dalam suatu waktu. Saya harus mengambil satu langkah, kemudian saya akan mendapatkan petunjuk untuk langkah berikutnya. Ini membuat hati kita senantiasa bergantung pada Allah.
C. H. Mackintosh

Tugas utama kita bukan melihat apa yang secara samar terlihat di kejauhan, tetapi melakukan apa yang sudah jelas ada di tangan kita.
William Osler

Tak pernah ada cobaan yang Dia tak ada di sana. Tak pernah ada beban yang tidak ditanggung-Nya. Tak pernah ada derita yang tiak ikut dirasakan-Nya. Waktu demi waktu, kita ada dalam perlindungan-Nya.
Daniel W. Whittle

Dia memperlakukan setiap situasi secara tunggal dan spesial, dan Dia merancang pembebasan yang unik dan spesifik untuk setiap pencobaan dan masalah.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 134

Dia akan membebaskan dan menyelamatkan Anda dalam cara-Nya yang unik. Baik itu dengan cara mukjizat, pemeliharaan atau cara yang misterius. Dia selalu melakukan itu untuk anak-anak-Nya. Itulah keahlian khusus-Nya.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 152

Memohon kepada Allah untuk memberikan penjelasan suatu ujian sama dengan menghancurkan objek tujuannya. Iman sederhana serta ketaatan yang dituntut dari kita ketika mengalami ujian.
Alfred Edersheim

Jadilah seperti dua orang penjala ikan yang terperangkap di dalam badai di tengah-tengah lautan. Yang satu berpaling kepada yang lain dan bertanya, “Sebaiknya kita berdoa atau mengayuh?” Rekannya kemudian menanggapi, “Marilah kita melakukan kedua-duanya.”
John L. Mason, An Enemy Called Average, 24

Bila aku menanam penderitaanku di ladang kesabaran, akan berbuahkan kebahagiaan.
Kahlil Gibran

Tidak ada beban yang terlalu berat jika kita mengangkatnya bersama-sama Allah.
Liem Hwa Yung

Kalau Anda berhadapan dengan tantangan, bukannya memulai pemikiran atau kalimat, “Masalahnya adalah ...”. Ubahllah itu menjadi, “Kesempatan untuk perubahan dan pertumbuhan adalah ...”.
Zig Ziglar, Something to Smile About, 301

Masalah menghasilkan kesabaran. Kesabaran menghasilkan kegigihan. Kegigihan menghasilkan watak. Watak menghasilkan harapan. Harapan menghasilkan kekuatan.
Zig Ziglar, Something to Smile About, 107

Kemenangan menjadi milik kita setelah kita berpikir dengan cara yang benar tentang masalah kita, merasakan dengan benar tentang masalah kita, dan kemudian bertindak dengan benar tentang masalah kita.
John C. Maxwell, Be All That You Can Be, 93

Mengapa orang benar menderita? Mengapa tidak, karena hanya merekalah yang sanggup menanggungnya.
C. S. Lewis

Setiap solusi mempunyai masalah. Anda tidak dapat memperoleh solusi tanpa mempunyai masalah.
Steve Chandler, 100 Cara Menumbuhkan Motivasi dalam Diri, 107

Masalah kecil mirip dengan batu kerikil. Peganglah batu itu ke dekat mata Anda, maka seluruh dunia serasa tertutup dan semuanya menjadi gelap. Tetapi peganglah batu itu cukup jauh dari mata, maka Anda akan melihatnya dengan jelas. Lemparkanlah ke dekat kai Anda, maka jelas sekali batu itu sama sekali bukan penghalang karena Anda melangkah di jalan yang lebar.
Celia Luce

Setiap gunung memiliki puncak. Setiap lembah memiliki titik paling rendah. Kehidupan memiliki ketinggian dan kerendahan, puncak dan lembahnya sendiri. Tidak ada yang selalu berada di atas, dan tidak ada yang berada terus menerus di bawah. Masalah, sungguh akan berakhir. Mereka akan lenyap. Terpecahkan dengan berjalannya waktu.
Robert H. Schuller, Manusia Tegar Mampu Bertahan, 67

I never take a problem to bed with me at night.
Harry S Truman

We could never learn to be brave and patient, if there were only joy in the world.
Helen Keller, quoted in The Miracle of Change. Christianity Today, Vol. 41, no. 6.

A realist is an idealist who has gone through the fire and been purified. A skeptic is an idealist who has gone through the fire and been burned.
Warren W. Wiersbe in “The Patented Preacher,” Leadership Journal.

Selalu, jalan keluar terbaik adalah dengan melaluinya.
Robert Frost

Jika ungkapan ‘Seandainya, tidak dapat dan tidak mungkin’ menyerang Anda, apa yang harus Anda lakukan? Jangan bingung, lawanlah dengan ungkapan, ‘Lain kali, dapat dan mungkin’.
Norman Vincent Peale, Berpikir Positif: Kunci Sukses, 120.
Sumber gambar: Pixabay

Pergumulan

pergumulan
Makna Pergumulan

Kadang, Allah memunculkan kesulitan-kesulitan dalam jalan umat-Nya sehingga Dia memperoleh kemuliaan ketika menaklukkan kesulitan-kesulitan itu dan menolong umat-Nya untuk mengatasinya.
Matthew Henry

Ketakutan membuat mereka berdoa, dan itulah sisi baiknya. Allah membawa kita pada kesulitan sehingga Dia dapat membawa kita untuk berlutut dalam doa.
Matthew Henry

Aku tahu Dia mencobaiku hanya untuk meningkatkan imanku.
J. Hudson Taylor

Sebelum seorang petani menanam di sawah, ia membajaknya dahulu. Setelah membajak, sawah itu hanya tampak seperti hamparan luas dari adukan kotor. Nampaknya lebih kacau daripada sebelum dibajak. Akan tetapi, itulah satu-satunya cara agar benih bisa berakar.
Claire & Curt Cloninger, E-mail dari Tuhan, 239

Kesukaran yang kita jumpai dalam menempuh tujuan merupakan jalan terdekat ke arah tujuan itu.
Kahlil Gibran

Jika Tuhan ingin memberi Anda sesuatu yang berharga, bagaimanakah Ia melakukannya? Apakah Ia membungkusnya dalam kemasan yang mewah dan canggih dan menyerahkannya kepada Anda di atas piring perak? Tidak. Ia terlalu bijaksana untuk itu. Lebih mungkin Tuhan membenamkannya pada inti dari masalah yang sulit dan besar dan menyaksikan dengan penuh harap untuk melihat apakah Anda mempunyai apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut dan menemukan pada intinya apa yang mungkin disebut mutiara yang amat berharga.
Norman V. Peale, Anda Pasti Bisa Bila Anda Pikir Bisa, 15

Seseorang dapat menanggapi penderitaan seperti sebutir telus atau sebutir kentang. Sebutir kentang masuk ke dalam air mendidih dalam keadaan keras, tetapi keluar dalam keadaan lunak. Sedangkan sebutir telur masuk ke dalam air mendidih dalam keadaan lunak dan keluar dalam keadaan keras.
Anonim

Kalau saya diberitahu bahwa saya akan melakukan perjalanan yang berbahaya, setiap guncangan di sepanjang jalan itu mengingatkan saya bahwa saya berada di jalan yang benar.
F. B. Meyer

Allah takkan membiarkan sesuatu masalah pun terjadi pada kita kecuali Ia memiliki rencana spesifik di mana akan kita peroleh berkat dari kesulitan tersebut.
Peter Marshal

Ketika (bukan kalau) kesulitan dan masalah mendatangi Anda, ingat bahwa satu-satunya jalan menuju puncak gunung adalah melalui lembah.
Zig Ziglar, Something Else to Smile About, 287

Jika Anda sedang mengalami penderitaan sekarang, jangan bertanya, “Mengapa aku?” Tetapi bertanyalah, “Apa yang Engkau ingin agar aku pelajari?” Kemudian percayailah Allah dan tetap melakukan apa yang benar. Jangan menyerah, bertumbuhlah!
Rick Warren, The Purpose Driven Life, 220

Hampir segala pengalaman yang tampaknya negatif itu bisa diubah menjadi positif. Seberapa seringkah Anda mengatakan, “Suatu hari kelak mungkin saya akan menengok ke belakang dan menertawakan hal ini”. Mengapa tidak menengok ke belakang dan menertawakannya sekarang? Semuanya hanyalah soal perspektif.
Anthony Robbins, Unlimited Power, 330

Kadang kala sesuatu yang buruk terjadi atas kehidupan kita. Pada akhirnya kita dapat menanggulanginya dan kemudian hal itu terjadi lagi. Dan lagi ... Dan lagi ... Dan akhirnya kita berkata, “Tuhan, ada apa ini? Mengapa hal ini terus terjadi padaku?” Jawaban-Nya sederhana: “Segera setelah kamu belajar apa yang sedang Aku upayakan untuk mengajar kamu, kita akan melanjutkan dengan pelajaran selanjutnya. Sementara ini, kamu harus terus mengupayakan hal itu.”
T. F. Tenney, More Power To You, 25

Apa falsafah Anda tentang masalah? “Sesungguhnya saya berterima kasih atas semua masalah saya. Begitu setiap masalah teratasi, saya menjadi semakin kuat dan lebih mampu menghadapi masalah-masalah yang masih akan muncul. Saya tumbuh di atas kesulitan saya.
Norman V. Peale, 6 Sikap Pemenang, 1

When written in Chinese the word crisis is composed of two characters. One represents danger and the other represents opportunity.
John F. Kennedy

Akar Pergumulan

Masalah manusia timbul dari fakta bahwa dia tidak hanya tersesat jalannya, tetapi juga kehilangan alamatnya.
Nicolas Bardyaez

Kita melihat masalah kita berdasarkan tiga hal: pengalaman di masa lalu, lingkungan sekarang dan penilaian pribadi.
John C. Maxwell, Be All That Can You Be, 181

Alasan mengapa begitu banyak dari kita yang tertekan, tegang, bingung dan gelisah adalah kita tidak pernah menguasai seni hidup sehari demi sehari. Secara fisik kita memang hidup dari hari ke hari, kita tidak bisa tidak harus begitu. Namun secara mental, kita hidup dalam tiga masa sekaligus: masa lalu, masa kini dan masa depan. Beban hari esok ditambah dengan beban hari kemarin ditambah lagi dengan beban yang dibawa hari ini menghasilkan kita menjalani kehidupan dengan sangat terhuyung-huyung.
William M. Elliot Jr.

Mengalahkan Pergumulan

Ketika Anda berada di tempat yang sulit, sadarilah bahwa Allah telah menempatkan Anda di tempat itu, atau mengizinkan Anda untuk berada di sana, dengan alasan yang mungkin hanya diketahui oleh Allah sendiri. Allah yang sama yang telah membimbing Anda masuk, akan membimbing Anda keluar.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 19

Allah menandai beberapa hari kita, “Akan dijelaskan kelak”.
Vance Havner

Dia tahu jalan yang diambil-Nya, meskipun saat itu kita tidak tahu.
J. I. Packer

Bagi anak Allah, tidak ada yang namanya kebetulan. Dia melewati jalan yang telah ditentukan. Kebetulan yang buruk mungkin saja menimpa seseorang, dan kemalangan mungkin menghadang di jalannya. Akan tetapii kemalangan ini akan nampak begitu besar hanya karena kita tak dapat membaca naskah rahasia dari pemeliharaan Allah.
A.W. Tozer

Allah suka dengan perkara-perkara yang mustahil.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 85

Allah tidak akan selalu membebaskan kita dari masalah-masalah kita dengan cara yang kita ingin agar Allah lakukan. Dia melakukan dengan cara-Nya sendiri, tetapi dalam jangka panjang, cara-Nya itu selalu yang terbaik, dan itu selalu membuahkan pujian bagi Allah.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 48

Dalam waktu-waktu kesulitan yang besar dan pengharapan yang besar, adalah bijaksana jika kita tetap tenang, diam dan sabar. Karena dengan demikian kita akan menempatkan diri dalam keadaan yang paling sesuai untuk melakukan tugas kita sendiri dan mengizinkan Allah bekerja.
Matthew Henry

Walaupun ada banyak alasan yang bagus untuk merasa takut, masih ada alasan yang lebih baik untuk tetap merasa yakin.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 89

Allah tidak pernah langsung memberi pimpinan untuk dua langkah dalam suatu waktu. Saya harus mengambil satu langkah, kemudian saya akan mendapatkan petunjuk untuk langkah berikutnya. Ini membuat hati kita senantiasa bergantung pada Allah.
C. H. Mackintosh

Tugas utama kita bukan melihat apa yang secara samar terlihat di kejauhan, tetapi melakukan apa yang sudah jelas ada di tangan kita.
William Osler

Tak pernah ada cobaan yang Dia tak ada di sana. Tak pernah ada beban yang tidak ditanggung-Nya. Tak pernah ada derita yang tiak ikut dirasakan-Nya. Waktu demi waktu, kita ada dalam perlindungan-Nya.
Daniel W. Whittle

Dia memperlakukan setiap situasi secara tunggal dan spesial, dan Dia merancang pembebasan yang unik dan spesifik untuk setiap pencobaan dan masalah.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 134

Dia akan membebaskan dan menyelamatkan Anda dalam cara-Nya yang unik. Baik itu dengan cara mukjizat, pemeliharaan atau cara yang misterius. Dia selalu melakukan itu untuk anak-anak-Nya. Itulah keahlian khusus-Nya.
Robert J. Morgan, The Red Sea Rules, 152

Memohon kepada Allah untuk memberikan penjelasan suatu ujian sama dengan menghancurkan objek tujuannya. Iman sederhana serta ketaatan yang dituntut dari kita ketika mengalami ujian.
Alfred Edersheim

Jadilah seperti dua orang penjala ikan yang terperangkap di dalam badai di tengah-tengah lautan. Yang satu berpaling kepada yang lain dan bertanya, “Sebaiknya kita berdoa atau mengayuh?” Rekannya kemudian menanggapi, “Marilah kita melakukan kedua-duanya.”
John L. Mason, An Enemy Called Average, 24

Bila aku menanam penderitaanku di ladang kesabaran, akan berbuahkan kebahagiaan.
Kahlil Gibran

Tidak ada beban yang terlalu berat jika kita mengangkatnya bersama-sama Allah.
Liem Hwa Yung

Kalau Anda berhadapan dengan tantangan, bukannya memulai pemikiran atau kalimat, “Masalahnya adalah ...”. Ubahllah itu menjadi, “Kesempatan untuk perubahan dan pertumbuhan adalah ...”.
Zig Ziglar, Something to Smile About, 301

Masalah menghasilkan kesabaran. Kesabaran menghasilkan kegigihan. Kegigihan menghasilkan watak. Watak menghasilkan harapan. Harapan menghasilkan kekuatan.
Zig Ziglar, Something to Smile About, 107

Kemenangan menjadi milik kita setelah kita berpikir dengan cara yang benar tentang masalah kita, merasakan dengan benar tentang masalah kita, dan kemudian bertindak dengan benar tentang masalah kita.
John C. Maxwell, Be All That You Can Be, 93

Mengapa orang benar menderita? Mengapa tidak, karena hanya merekalah yang sanggup menanggungnya.
C. S. Lewis

Setiap solusi mempunyai masalah. Anda tidak dapat memperoleh solusi tanpa mempunyai masalah.
Steve Chandler, 100 Cara Menumbuhkan Motivasi dalam Diri, 107

Masalah kecil mirip dengan batu kerikil. Peganglah batu itu ke dekat mata Anda, maka seluruh dunia serasa tertutup dan semuanya menjadi gelap. Tetapi peganglah batu itu cukup jauh dari mata, maka Anda akan melihatnya dengan jelas. Lemparkanlah ke dekat kai Anda, maka jelas sekali batu itu sama sekali bukan penghalang karena Anda melangkah di jalan yang lebar.
Celia Luce

Setiap gunung memiliki puncak. Setiap lembah memiliki titik paling rendah. Kehidupan memiliki ketinggian dan kerendahan, puncak dan lembahnya sendiri. Tidak ada yang selalu berada di atas, dan tidak ada yang berada terus menerus di bawah. Masalah, sungguh akan berakhir. Mereka akan lenyap. Terpecahkan dengan berjalannya waktu.
Robert H. Schuller, Manusia Tegar Mampu Bertahan, 67

I never take a problem to bed with me at night.
Harry S Truman

We could never learn to be brave and patient, if there were only joy in the world.
Helen Keller, quoted in The Miracle of Change. Christianity Today, Vol. 41, no. 6.

A realist is an idealist who has gone through the fire and been purified. A skeptic is an idealist who has gone through the fire and been burned.
Warren W. Wiersbe in “The Patented Preacher,” Leadership Journal.

Selalu, jalan keluar terbaik adalah dengan melaluinya.
Robert Frost

Jika ungkapan ‘Seandainya, tidak dapat dan tidak mungkin’ menyerang Anda, apa yang harus Anda lakukan? Jangan bingung, lawanlah dengan ungkapan, ‘Lain kali, dapat dan mungkin’.
Norman Vincent Peale, Berpikir Positif: Kunci Sukses, 120.
Sumber gambar: Pixabay

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER